5 Gelandang Portugal yang Berseragam Chelsea, Renato Veiga Terbaru

Sebagian besar telah gantung sepatu

Chelsea masih terlihat aktif berburu talenta muda potensial demi menambah kekuatan pada musim panas 2024. Tim asal London Barat tersebut tampaknya ingin membangun fondasi kokoh agar bisa berjaya dalam waktu lama. The Blues baru-baru ini berhasil mengamankan tanda tangan Renato Veiga dari FC Basel. Pesepak bola yang kini berusia 20 tahun ini diboyong dengan harga 12 juta poundsterling atau sekitar Rp251 miliar.

Kedatangan Renato Veiga melengkapi jumlah penggawa muda yang menghiasi skuad Chelsea 2024/2025. Selain itu, talenta kelahiran Lisboa ini juga menambah daftar gelandang berkebangsaan Portugal yang pernah berseragam tim London Barat tersebut. Termasuk dirinya, ada sebanyak lima gelandang Portugal yang memutuskan berkarier bersama The Blues. Lantas, siapa saja pesepak bola yang dimaksud? Mari intip daftar di bawah ini ya!

1. Renato Veiga disodori kontrak jangka panjang oleh Chelsea sampai 2031

5 Gelandang Portugal yang Berseragam Chelsea, Renato Veiga TerbaruRenato Veiga (chelseafc.com)

Renato Veiga adalah gelandang bertahan yang didapatkan Chelsea dari FC Basel pada musim panas 2024. Talenta muda tersebut dianggap memiliki masa depan menjanjikan sehingga disodori kontrak jangka panjang sampai 2031 dengan opsi tambahan 1 tahun demi merumput di Stamford Bridge. Dirinya bisa menambah opsi area tengah dan membantu kinerja lini pertahanan The Blues.

Renato Veiga memiliki rekam jejak mengesankan saat membela FC Basel. Meski masih berusia muda, dirinya berhasil bertransformasi sebagai salah satu figur kunci permainan tim berjuluk Bebbi tersebut. Selain gelandang bertahan, dia mampu melakoni peran menjadi gelandang serang, gelandang tengah, dan bek tengah. Ini tentu memudahkan pelatih dalam melakukan rotasi skuad. Veiga sendiri sudah mencatatkan kontribusi 2 gol dan 1 assist dari 26 pertandingan di semua kompetisi.

2. Raul Meireles ikut berkontribusi mengantar Chelsea meraih beberapa trofi bergengsi

5 Gelandang Portugal yang Berseragam Chelsea, Renato Veiga TerbaruRaul Meireles (chelseafc.com)

Raul Meireles merupakan gelandang tengah yang didatangkan Chelsea dari Liverpool pada musim panas 2011. Pesepak bola berkebangsaan Portugal ini ditebus dengan harga 12 juta poundsterling atau sekitar Rp251 miliar. Dirinya setuju menandatangani kontrak selama empat tahun demi mentas di Stamford Bridge. Kehadirannya membawa harapan untuk memperkuat area tengah permainan The Blues.

Tak butuh waktu adaptasi lama, Raul Meireles berhasil menjelma sebagai salah satu figur penting permainan Chelsea. Ini membuatnya sering dipercaya tampil sejak menit pertama. Selain gelandang tengah, dirinya juga mampu bertugas menjadi gelandang bertahan. Hasilnya tak sia-sia, dia ikut berkontribusi mengantar The Blues memenangkan FA Cup dan Liga Champions Eropa. Talenta kelahiran Porto ini sudah bermain sebanyak 48 laga dengan menyumbang 6 gol dan 6 assist di semua ajang. Hanya bertahan singkat, Meireles setuju hengkang dengan menerima tawaran Fenerbahce pada musim panas 2012.

Baca Juga: 3 Gelandang Leicester City yang Pindah ke Chelsea

3. Deco mampu mengisi banyak posisi di area tengah dan depan Chelsea

5 Gelandang Portugal yang Berseragam Chelsea, Renato Veiga TerbaruDeco (chelseafc.com)

Anderson Luis de Souza atau yang lebih dikenal dengan nama Deco pernah mencicipi berkarier di Inggris. Gelandang serang berkebangsaan Portugal ini diboyong Chelsea dari Barcelona pada musim panas 2008. Dirinya ditebus The Blues dengan harga 8 juta poundsterling atau sekitar Rp167 miliar. Deco sendiri setuju menandatangani kontrak selama dua tahun bersama tim London Barat tersebut.

Deco cukup sering dipercaya menghiasi starter saat masih memperkuat Chelsea. Dirinya memiliki pengalaman sehingga mampu melakoni banyak peran di area tengah dan depan permainan tim London Barat tersebut. Pesepak bola kelahiran Sao Bernardo do Campo ini bahkan ikut berjasa membawa The Blues meraih beberapa trofi di kompetisi domestik. Dia mencatatkan kontribusi dalam 58 laga dengan mengemas 6 gol dan 5 assist. Hanya bertahan singkat, talenta bertinggi 176 cm ini dilepas gratis untuk membela Fluminense pada musim panas 2010.

4. Maniche dipinjam Chelsea dari Dynamo Moscow pada musim dingin 2006

5 Gelandang Portugal yang Berseragam Chelsea, Renato Veiga TerbaruManiche (nomor 18) (twitter.com/selecaoportugal)

Maniche adalah gelandang tengah yang sempat mencicipi atmosfer kompetisi Inggris setelah dipinjam Chelsea dari Dynamo Moscow pada musim dingin 2006. Talenta kelahiran Lisboa ini merumput di Stamford Bridge hingga Juni 2006. Kedatangannya saat itu untuk meningkatkan kekuatan dan menambah pilihan rotasi lini tengah The Blues.

Sayangnya, Maniche kalah bersaing dengan penggawa lain sehingga kesulitan tampil secara reguler bersama Chelsea. Hal tersebut membuatnya memperoleh menit bermain yang sedikit. Meski begitu, dia ikut berkontribusi membawa The Blues memenangkan English Premier League (EPL) 2005/2006. Gelandang berkebangsaan Portugal ini tercatat tampil dalam sebelas pertandingan di berbagai kompetisi.

5. Tiago Mendes hanya singkat membela Chelsea

Tiago Mendes merupakan gelandang tengah yang pernah berseragam Chelsea setelah didatangkan dari Benfica pada musim panas 2004. Pesepak bola kelahiran Viana do Castelo ini dibeli dengan harga 10 juta poundsterling atau sekitar Rp209 miliar. Dirinya langsung dipagari kontrak selama empat tahun.

Benar saja, Tiago Mendes kerap dipercaya untuk menghiasi starter Chelsea. Meski posisi aslinya gelandang tengah, dia juga beberapa kali mengemban tugas menjadi gelandang kanan dan geladang serang tim London Barat tersebut. Pesepak bola asal Portugal ini berhasil membawa The Blues memenangkan berbagai gelar domestik. Dirinya sudah mengumpulkan 4 gol dan 3 assist dari 52 pertandingan di semua kompetisi. Bertahan singkat, Tiago memilih hengkang setelah menerima pinangan Atletico Madrid pada musim panas 2005.

Kelima gelandang berkebangsaan Portugal di atas pernah berseragam Chelsea. Renato Veiga menjadi yang paling baru didatangkan pada musim panas 2024. Talenta muda ini diharapkan cepat beradaptasi sehingga bisa menambah opsi rotasi lini tengah tim London Barat tersebut.

Baca Juga: 3 Gelandang Aston Villa yang Gabung ke Chelsea, Omari Kellyman Terbaru

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Halooo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya