3 Bek Tengah Prancis di RB Leipzig 2023/2024, Muda Semua!

Dua di antaranya bergabung pada musim panas 2023

Meski tergolong sebagai tim baru, RB Leipzig sukses menunjukkan perkembangan signifikan sehingga mulai diperhitungkan. Performa impresif tersebut telah menghasilkan beberapa gelar domestik. Salah satu faktor penting keberhasilan ini karena Die Roten Bullen sangat lihai merekrut talenta-talenta potensial.

Banyak pesepak bola berbakat dari berbagai negara akhirnya bisa melebarkan sayap dengan membela RB Leipzig. Salah satu negara yang pemainya sering menghuni skuad Die Roten Bullen adalah Prancis. Nama seperti Ibrahima Konate, Nordi Mukiele, Christopher Nkunku, Dayot Upamecano, dan Jean-Kevin Augustin pernah merasakan merumput bersama tim asal Leipzig tersebut.

Wajar saja, Prancis memiliki rekam jejak yang sangat mentereng dalam dunia sepak bola. Selain dari segi prestasi, mereka rutin melahirkan bibit-bibit muda potensial pada tiap generasinya. Ini menjadi salah satu faktor RB Leipzig tidak ragu-ragu merekrut talenta Les Bleus. Pada 2023/2024, ada tiga bek tengah Prancis menghiasi skuad RB Leipzig.

1. Castello Lukeba hadir sebagai figur penting di jantung pertahanan RB Leipzig 2023/2024

3 Bek Tengah Prancis di RB Leipzig 2023/2024, Muda Semua!Castello Lukeba (instagram.com/jrcastello_)

Castello Lukeba adalah bek tengah yang bergabung dengan RB Leipzig setelah dibeli dari Olympique Lyon pada musim panas 2023. Talenta yang kini berusia 21 tahun tersebut dianggap sebagai aset masa depan sehingga dipagari kontrak sampai 2028. Kehadirannya ketika itu untuk menggantikan peran Josko Gvardiol yang memilih melanjutkan karier bersama Manchester City.

Tak butuh waktu lama adaptasi, Castello Sukses mendapatkan peran penting di jantung pertahanan RB Leipzig 2023/2024. Marco Rose selaku pelatih kerap menurunkan pesepak bola berkebangsaan Prancis tersebut sebagai starter di semua kompetisi. Selain bek tengah, pemain kelahiran Lyon ini juga bisa diplot menjadi bek kiri tergantung kebutuhan taktik Die Roten Bullen. Hingga pekan ke-33 musim ini, Lukeba sendiri telah berkontribusi sebanyak 40 kali dengan menyumbang 1 gol.

Baca Juga: 6 Bek Tengah Brasil Mewarnai Premier League 2023/2024, Ada Veteran!

2. Mohamed Simakan bisa tampil di beberapa posisi untuk RB Leipzig 2023/2024

3 Bek Tengah Prancis di RB Leipzig 2023/2024, Muda Semua!Mohamed Simakan (instagram.com/simakan2)

Mohamed Simakan merupakan bek tengah yang diboyong RB Leipzig dari RC Strasbourg Alsace pada musim panas 2021. Pesepak bola kelahiran Marseille ini diplot untuk menggantikan Dayot Upamecano yang bergabung dengan Bayern Munich. Benar saja, bek tengah yang kini berusia 24 tahun tersebut menjelma sebagai tembok kokoh di area pertahanan. Dirinya bahkan sudah mengantar Die Roten Bullen memenangkan beberapa gelar domestik. Berkat etos kerja solid, Simakan mendapat perpanjangan kontrak hingga 2027 untuk mentas di Red Bull Arena.

Pada 2023/2024, Mohamed Simakan masih memegang peran penting menjaga area pertahanan RB Leipzig. Ini membuat namanya kerap menghiasi starter di berbagai ajang. Tak hanya bek tengah, pesepak bola bertinggi 187 cm ini juga beberapa kali ditugaskan menjadi bek kanan dan gelandang kanan tergantung skema taktik tim. Sampai pekan ke-33 musim ini, dia diturunkan sebanyak 42 kali dengan mengemas 3 gol dan 4 assist. Simakan sendiri sudah mencatatkan total kontribusi dalam 120 pertandingan dengan menorehkan 7 gol dan 13 assist bersama Die Roten Bullen.

3. El Chadaille Bitshiabu sempat absen selama beberapa bulan akibat cedera MCL pada 2023/2024

3 Bek Tengah Prancis di RB Leipzig 2023/2024, Muda Semua!El Chadaille Bitshiabu (instagram.com/el_chadaille)

El Chadaille Bitshiabu adalah bek tengah potensial yang merapat ke RB Leipzig setelah ditebus dari Paris Saint-Germain pada musim panas 2023. Pesepak bola berkebangsaan Prancis ini dianggap memiliki prospek menjanjikan sehingga disodori kontrak jangka panjang sampai 2028. Kedatangannya berpotensi menambah opsi bagi pelatih untuk meracik komposisi di lini pertahanan Die Roten Bullen.

Namun, El Chadaille Bitshiabu mengalami nasib sial karena menderita cedera medial collateral ligament (MCL) pada awal 2023/2024. Hal tersebut memaksanya menepi selama beberapa bulan. Selepas pulih, dirinya lebih sering menghuni bangku cadangan sehingga memperoleh menit bermain yang minim. Hingga pekan ke-33 musim ini, talenta yang kini berusia 19 tahun tersebut baru tampil sebanyak lima kali di Bundesliga Jerman.

Ketiga bek tengah Prancis di atas menghiasi skuad RB Leipzig 2023/2024. Musim ini, Castello Lukeba dan Mohamed Simakan sukses menjelma sebagai dinding kokoh pertahanan. Semenatara, El Chadaille Bitshiabu belum mendapat kesempatan tampil reguler dan sempat mengalami cedera sehingga minim kontribusi. Meski begitu, mereka semua menyisakan kontrak jangka panjang sehingga masih bisa berkembang lagi untuk mencapai potensi terbaiknya bersama Die Roten Bullen.

Baca Juga: 4 Bek Tengah Austria yang Berkarier di Bundesliga 2023/2024

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Halooo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya