Wasit Spanyol vs Inggris di Final Euro 2024 Pernah Pimpin Timnas U-23

Pernah dirujak warganet Indonesia karena kontroversial

Jakarta, IDN Times - Komite Wasit UEFA resmi menunjuk Francois Letexier memimpin duel Spanyol kontra Inggris di final Euro 2024 pada 15 Juli 2024. Fakta menariknya, dia ternyata pernah memimpin salah satu laga Timnas Indonesia U-23.

Letexier sempat ditunjuk FIFA menjadi wasit saat Timnas U-23 bentrok kontra Guine pada play-off Olimpiade Paris 2024 pada 9 Mei 2024. Kala itu, dia sempat mendapat sorotan negatif karena dianggap kontroversial.

1. Letexier sempat dirujak warganet Indonesia

Wasit Spanyol vs Inggris di Final Euro 2024 Pernah Pimpin Timnas U-23Timnas U-23 Indonesia mengenakan jersey Erspo dalam playoff melawan Guinea (Instagram.com/gianni_infantino)

Wasit asal Prancis itu sempat dirujak warganat Indonesia karena sejumlah keputusannya yang kontroversial. Salah satunya adalah ketika memberikan hadiah penalti kepada Guinea.

Kala itu, Letexier menunjuk titik putih pada menti 29. Ilaix Moriba pun sukses menundukkan kiper Ernando Ari sekaligus mengunci kemenangan Guinea dengan skor 1-0.

Keputusan itu terasa kontroversial. Sebab, dalam tayangan ulang, pelanggaran yang dilakukan Witan Sulaeman terjadi di luar kotak penalti Indonesia.

Baca Juga: Ronald Koeman: Penalti Inggris Hancurkan Sepak Bola

2. Efek tidak ada VAR

Wasit Spanyol vs Inggris di Final Euro 2024 Pernah Pimpin Timnas U-23VAR (uefa.com)

Keputusan kontroversial Letexier tak berhenti di situ. Pria berusia 35 tahun itu kembali menunjuk titik putih, setelah menganggap Alfeandra Dewangga menekel pemain Guinea, Algassime Bah di kotak penalti.

Padahal, dalam tayangan ulang tekel Dewangga bersih dan mengenai bola. Bah terjatuh karena dirinya tertabrak badan Dewangga yang menyapu bola. Namun, wasit bergeming dan penalti tetap diberikan.

Memang, Leteixer tidak bisa meninjau kembali insiden itu karena tidak adanya Video Assistant Referee (VAR). Andai ada teknologi tersebut, Leteixer kemungkinan bisa memberikan keputusan yang lebih tepat.

3. Daftar perangkat pertandingan di final Euro 2024

Wasit Spanyol vs Inggris di Final Euro 2024 Pernah Pimpin Timnas U-23Selebrasi para pemain Inggris usai lolos ke final Euro 2024. (uefa.com)

Berikut daftar perangkat pertandingan yang akan menemani Letexier memimpin duel panas Spanyol kontra Inggris di final Euro 2024, 15 Juli 2024 mendatang.

Wasit: Francois Letexier (Prancis)
Asisten wasit: Cyril Mugnier, Mehdi Rahmouni (keduanya dari Prancis)
Wasit keempat: Szymon Marciniak (Polandia)
Asisten wasit cadangan: Tomasz Listkiewicz (Polandia)
Wasit VAR: Jerome Brisard (Prancis)
Asisten VAR: Willy Delajod (Prancis)
Pendukukung VAR: Massimiliano Irrati (Italia)

Baca Juga: Sumbang Gol Lawan Belanda, Harry Kane Kejar Rekor Ronaldo

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya