Wajah Semringah Thomas Doll Persija Berkandang Lagi di SUGBK

Persija sudah lama terusir dari Jakarta

Jakarta, IDN Times - Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll berseri-seri saat datang menghadiri jumpa pers jelang bentrok dengan Persis Solo dalam lanjutan Liga 1 musim 2023/24, Selasa (16/4/2024). Itu karena Persija kembali berkandang di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK),

Doll menyapa awak media dengan senyum lebarnya. Saking rindunya, Doll sampai mengingat-ngingat kapan terakhir kali menghadiri jumpa pers di stadion megah Jakarta tersebut.

"Selamat sore. Rasanya lumayan senang akhirnya konferensi di Jakarta lagi. Terakhir kali saya bertemu kalian semua di sini sepertinya tahun lalu," kata Doll dengan wajah semringahnya.

Baca Juga: Persija Kena Sanksi FIFA, Dilarang Transfer di 3 Periode

1. Persija lama terusir dari Jakarta

Wajah Semringah Thomas Doll Persija Berkandang Lagi di SUGBKPotret latihan Persija sebelum melawan Persik. (Dok. Persija).

Wajar bila Doll begitu rindu. Macan Kemayoran cukup lama terusir dari daerahnya. Mereka terpaksa menggelar laga kandang di Bali, karena sejumlah alasan.

Kali terakhir Persija tampil di Jabodetabek adalah saat menjamu PSS Sleman di Stadion Patriot Candrabhaga, pada akhir 2023. Sementara, terakhir kali SUGBK menjadi arena tempur Persija kala meladeni Persita 3 Desember 2023.

"Sekarang April, artinya kami sudah berbulan-bulan tidak main di Jakarta. Semuanya senang karena akhirnya kita bermain di depan penggemar kami," ujar Doll.

Baca Juga: Persija Segera Bereskan Utang Demi Selamat dari Sanksi FIFA

2. Cuma tiga kali main di SUGBK

Wajah Semringah Thomas Doll Persija Berkandang Lagi di SUGBKAksi Ondrej Kudela saat menjaga pertahanan Persija kontra Persebaya, Minggu (30/7/2023). (Dok. Persija).

Terasa miris, karena Persija hanya tiga kali bermain di SUGBK yang berstatus stadion di Jakarta. Macan Kemayoran lebih sering berkandang di Stadion Patriot, yang notabene masuk dalam wilayah Jawa Barat.

Ketiga laga di SUGBK itu adalah saat bentrok dengan PSM Makassar, Persebaya Surabaya, dan Persita. Cukup disayangkan, Persija hanya mampu menang kontra Persebaya dan sisanya imbang.

Baca Juga: APPI: Persija Kena Hukum FIFA Bukan karena Kasus Marko Simic

3. Kurang senang dengan kondisi tim

Wajah Semringah Thomas Doll Persija Berkandang Lagi di SUGBKPotret pelatih Persija, Thomas Doll. (Dok. Persija).

Ekspresinya berubah menjadi lebih serius ketika membahas kondisi timnya. Persija pincang, karena lima pemain vitalnya, Muhammad Ferarri, Rizky Ridho, Rio Fahmi, Dony Tri dan Rayhan Hannan tengah membela Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 2024 Qatar.

Kondisi itu diperparah dengan absennya Hansamu Yama dan Firza Andika. Hansamu cedera, sementara Firza akumulasi kartu merah.

"Puji Tuhan, semua pemain sehat kecuali Hansamu. Kami juga menjalani sesi latihan yang bagus," kata mantan pelatih Borussia Dortmund tersebut.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya