Timnas U-16 Petik Pelajaran Berharga di ASEAN Championship

Timnas U-16 raih peringkat ketiga

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia U-16 sukses meraih peringkat ketiga ASEAN U-16 Championship atau Piala AFF U-16 2024. Prestasi itu didapat usai menggilas Vietnam dengan skor telak 5-0, di Stadion Manahan, Solo, Rabu (3/7/2024) sore WIB.

Gelontoran gol Garuda Muda diceploskan oleh Zahaby Gholy (45', 78'), Dafa Zaidan (45+3'), dan Daniel Alfrido (75', 82'). Melalui turnamen ini, Timnas U-16 mendapat pelajaran berharga untuk terus berkembang.

1. Kesalahan di semifinal tidak boleh terulang

Timnas U-16 Petik Pelajaran Berharga di ASEAN ChampionshipPotret pemain Timnas Indonesia U-16. (Dok. PSSI).

Sebenarnya, cukup disayangkan Timnas U-16 hanya meraih peringkat ketiga. Sebab, tim asuhan Nova Arianto punya kans besar menyabet trofi Piala AFF U-16 secara back to back.

Kekalahan dari Australia di semifinal memberikan pelajaran berharga buat Timnas U-16. Sempat unggul dan tampil mendominasi, namun mereka dihukum oleh kesalahannya sendiri hingga akhirnya keok dengan skor 3-5.

Ke depannya, pelatih Nova berharap Timnas U-16 bisa lebih mengontrol ritme pertandingan. Raihan Apriansyah dan kolega harus lebih tenang guna menghindari keselahan yang merugikan.

"Banyak pelajaran pastinya yang didapat para pemain. Harus bisa mengontrol pertandingan, mengatur ritme dan mengurangi kesalahan-kesalahan individu yang tidak perlu. Ini menjadi pelajaran buat mereka," kata Nova selepas menggilas Vietnam.

Baca Juga: Profil Matthew Baker, Pemain Diaspora U-16 Bermarga Sitorus

2. Nova sanjung Timnas U-16

Timnas U-16 Petik Pelajaran Berharga di ASEAN ChampionshipPelatih Timnas Indonesia U-16 Nova Arianto. (IDN Times/Bandot Arywono)

Nova juga menyanjung Timnas U-16 setinggi langit. Performa yang mereka berikan, berhasil melebihi ekspektasi dari eks bek Persib Bandung tersebut.

"Saya bersyukur pemain bisa menikmati setiap pertandingan sejak awal. Pemain menunjukan progres luar biasa. Dari awal, sebenarnya kami tidak memberikan target apapun kepada pemain," beber Nova.

3. Tatap Kualifikasi Piala Asia

Timnas U-16 Petik Pelajaran Berharga di ASEAN ChampionshipPotret Timnas Indonesia U-16. (Dok. PSSI).

Nova berharap Timnas U-16 tidak cepat puas. Mereka harus menyempurnakan diri karena sudah dinantikan petualangan berikutnya, yakni Kualifikasi Piala Asia U-17 2025 pada 19-27 Oktober 2024 mendatang.

"Ini bukan akhir bagi kami. Saya minta pemain lebih fokus lagi agar di Kualifikasi Piala Asia bisa lebih baik lagi," kata pria yang juga menjabat sebagai asisten pelatih di Timnas senior tersebut.

Baca Juga: Timnas U-16 Kunci Peringkat 3 Piala AFF Usai Bekuk Vietnam

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya