Timnas U-16 Ditargetkan Juara ASEAN Boys Championship 2024

Garuda Muda difavoritkan juara

Jakarta, IDN Times - Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Muhammad, tersenyum lebar melihat hasil undian ASEAN Boys Championship U-16 2024, Kamis (30/5/2024). Itu karena Timnas Indonesia U-16 tergabung di grup enteng.

Berstatus tuan rumah, Timnas U-16 dipertemukan dengan Laos, Filipina, dan Singapura, dalam Grup A. Menilik peta persaingan, Garuda Muda memang difavoritkan untuk melaju ke fase gugur.

"Alhamdulillah, hasil undiannya cukup bagus," kata Muhammad setelah ditemui selepas undian.

1. Targetkan juara lagi

Timnas U-16 Ditargetkan Juara ASEAN Boys Championship 2024Exco PSSI, Muhammad. (IDN Times/Tino).

Timnas U-16 tak hanya difavoritkan untuk lolos fase gugur. Skuad besutan Nova Arianto itu juga diunggulkan untuk menjadi kampiun dalam edisi kali ini.

Mengingat, selain menjadi tuan rumah, Garuda Muda juga berstatus sebagai juara bertahan. Muhammad berharap, keberhasilan itu kembali terulang dalam ajang yang nantinnya dihelat di Solo tersebut.

"Sebelumnya, kami tuan rumah pada 2022 lalu, kebetulan juara juga. Mudah-mudahan, kami bisa kembali juara. Kami memang mengusung target juara," ujar Muhammad.

Baca Juga: Eks Bupati Tangerang Jadi Manajer Timnas U-17 dan U-20

2. Minta Timnas U-16 gak jemawa

Timnas U-16 Ditargetkan Juara ASEAN Boys Championship 2024Pelatih Timnas U-16 Nova Arianto (pssi.org)

Muhammad berharap Timnas U-16 tak terlena dengan status tuan rumah dan juara bertahan. Sebab, bukan tak mungkin persaingan di Grup A akan menghadirkan kejutan.

Terlebih, sederet tim unggulan seperti Vietnam, Thailand, dan Australia, juga bisa memberikan ancaman andai lolos ke fase gugur nanti.

"Semua lawan itu sama, jadi kami tidak boleh meremehkan siapapun. Kami harus fokus cari kemenangan demi kemenangan," ujar Muhammad.

3. Venue siap dipakai bertempur

Timnas U-16 Ditargetkan Juara ASEAN Boys Championship 2024Uji coba VAR dalam final EPA U-20 Liga 1 2023/24, di Stadion Manahan, Solo, Kamis (7/3/2024). (IDN Times/Tino)

Muhammad menjamin Stadion Manahan, Sriwedari, dan Universitas Sebelas Maret (UNS), sudah siap menjadi arena tempur para peserta. Federasi pun sudah meninjau soal kesiapan ketiga stadion tersebut.

"Mulus, kami sudah inspeksi. Tidak ada masalah ," katanya.

Baca Juga: Kalah dari Timnas U-16, PSS Sleman U-16 Peroleh Pelajaran Berharga

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya