Timnas Indonesia Kedatangan Naturalisasi Baru, Kiper Inter Milan?

Masih jalin komunikasi

Jakarta, IDN Times - PSSI ternyata masih haus untuk menghadirkan pemain nautralisasi di Timnas Indonesia. Ada sejumlah pemain baru, yang dibidik federasi untuk bergabung di tim asuhan Shin Tae Yong, dalam waktu dekat.

Rencana tersebut dibocorkan anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga. Namun, karena masih proses penjajakan, Arya enggan membicarakannya secara gamblang.

"Ada beberapa yang kami pantau, tapi tungu tanggal mainnya aja," kata Arya saat ditemui, Minggu (1/10/2023).

1. Apakah Emil Audero?

Timnas Indonesia Kedatangan Naturalisasi Baru, Kiper Inter Milan?Emil Audero Mulyadi diperkenalkan Inter Milan (instagram.com/inter)

Arya juga angkat suara terkait peluang menaturalisasi Emil Audero Mulyadi. Dia tak menutup kemungkinan, namun menaturalisasi kiper Inter Milan yang lahir di Mataram, Nusa Tenggara Barat tersebu akan berjalan sulit.

"Lihat nanti saja. Kalau datang ke Indonesia berarti ada (proses naturalisasinya), kalau gak datang berarti gak ada," kata Arya.

Baca Juga: Timnas Basket Terancam Tanpa Naturalisasi di Asian Games

2. PSSI enggan umbar janji

Timnas Indonesia Kedatangan Naturalisasi Baru, Kiper Inter Milan?Anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga. (IDN Times/Tino).

Arya enggan membocorkan inisial bahkan nama, karena takut prosesnya gagal di tengah jalan. Sebab, tahapan dalam proses naturalisasi itu begitu panjang. Nah, untuk saat ini, federasi masih fokus dalam menjalin komunikasi dengan calon pemain naturalisasi yang baru.

"Setelah bisa dipastikan, baru orangnya datang. Jadi, kami gak mau janji-janji, nanti akhirnya gak jadi," ujar Arya.

3. Shin Tae Yong memang ingin Emil dinaturalisasi

Timnas Indonesia Kedatangan Naturalisasi Baru, Kiper Inter Milan?Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong saat memimpin latihan di Lapangan ABC Senayan, Kamis (15/6/2023). (IDN Times/Tino).

Pada Maret 2022 lalu, Shin Tae Yong terang-terangan berharap Emil bisa dinaturalisasi PSSI. Shin merasa, hadirnya Emil bisa memberikan dampak yang positif.

Namun, misi ini rasanya bakal sulit diwujudkan PSSI. Apalagi, Emil tengah berkarier di Inter Milan yang membuka kansnya membela Timnas Italia terbuka cukup lebar.

"Dengan kemampuan baik seperti itu, ketika dia (Emil) datang ke Indonesia, mungkin bisa menyampaikan budaya-budaya baik pada kiper Indonesia. Tapi, saya tak bisa dipastikan dia bisa dinaturalisasi atau tidak," ujar Shin.

Baca Juga: Timnas Indonesia Main di Papua?

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya