Southgate Berat Hati Coret James Maddison dan Jack Grealish

Banyak pemain muda yang lebih menonjol

Intinya Sih...

  • Gareth Southgate tidak membawa Jack Grealish dan James Maddison dalam skuad Euro 2024.
  • Alasan Southgate mencoret Maguire karena cedera, namun alasan pencoretan Grealish dan Maddison tidak diungkapkan.
  • Banyak pemain muda menonjol, seperti Cole Palmer dan Kobbie Mainoo, yang membuat Southgate senang akan regenerasi tim.

Jakarta, IDN Times - Inggris telah mengumumkan skuad untuk beraksi di Euro 2024, pada 14 Juni-14 Juli. Namun, secara mengejutkan, manajer Gareth Southgate tidak membawa dua bintangnya, Jack Grealish dan James Maddison.

Grealish dan Maddison menjadi dua dari tujuh yang dicoret Southgate dalam seleksi akhir. Selain mereka, Southgate juga mencoret Harry Maguire, Curtis Jones, Jarell Quansah, Jarrad Branthwaite, dan James Trafford.

Baca Juga: Maguire: Hojlund Bakal Cetak Banyak Gol karena Bakatnya Istimewa

1. Maguire cedera, Grealish dan Maddison kenapa?

Southgate Berat Hati Coret James Maddison dan Jack GrealishJames Maddison (instagram.com/madders)

Grealish, Maddison, dan Maguire, menjadi tiga pemain top di Premier League. Southgate punya alasan kuat mencoret Maguire, penggawa Manchester United itu cedera betis.

Namun, Southgate tak mengungkapkan alasan khusus mencoret Grealish dan Maddison. Kendati demikian, manajer 53 tahun itu merasa berat hati karena harus mendepak mereka dari skuad The Three Lions.

"Dengan kualitasnya, Madders (Maddison) dan Jack (Grealish) memberikan sesuatu berbeda di dalam tim. Tetapi, kami tetap kepada kepusutan ini. Mereka berdua punya karakter yang bagus untuk masuk dalam tim. Jadi, sangat menyedihkan kami harus menyampaikan berita ini kepada mereka," kata Southgate dilansir laman resmi Inggris.

Baca Juga: Grealish dan Alexander-Arnold Mundur dari Timnas Inggris

2. Performa Grealish dan Maddison memang kurang oke

Southgate Berat Hati Coret James Maddison dan Jack GrealishManajer Inggris, Gareth Southgate. (englandfootball.com).

Beragam reaksi bermunculan terkait dicoretnya Grealish dan Maddison. Banyak fans yang sepakat dengan keputusan Southgate, mengingat performa mereka kurang gereget sepanjang musim ini.

Grealish memang berhasil mengantarkan Manchester City meraih gelar Premier League 2023/24. Namun, secara kontribusi, penyerang 28 tahun itu hanya mampu menyumbang tiga gol dan satu assist di ajang tersebut.

Lebih dari itu, Grealish tidak menjadi pilihan utama Pep Guardiola. Dari 20 penampilan, Grealish hanya 10 kali menjadi starter di Premier League musim ini.

Sementara, Maddison punya catatan yang lebih apik. Gelandang 27 tahun itu sukses menceploskan empat gol dan sembilan assist untuk Tottenham Hotspur musim ini. Namun, Maddison kalah saing dengan gelandang serang lain yang performanya lebih menjanjikan.

Baca Juga: Cole Palmer yang Menggendong Chelsea Musim Ini

3. Banyak pemain muda yang menonjol

Southgate Berat Hati Coret James Maddison dan Jack GrealishSelebrasi Cole Palmer usai bobol gawang Manchester United, Jumat (5/4/2024). (premierleague.com).

Alasan lain Grealish dan Maddison didepak adalah banyak pemain muda yang tampil menonjol. Seperti Cole Palmer hingga Kobbie Mainoo yang penampilannya mencuri perhatian pada musim ini.

Southgate pun senang karena mereka memanaskan daya saing dalam tim. Ini bisa menjadi ajang regenerasi The Three Lions. Fakta tersebut menambah kepercayaan diri Southgate untuk memetik hasil manis di Euro 2024.

"Beberapa pemain muda tampil cemerlang untuk mendorong pemain berpengalaman keluar dari skuad. Mereka bermain sangat baik di liga. Hal ini telah menimbulkan rasa lapar dan daya saing tim," ujar Southgate.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya