Shin Tae Yong Puas, Tak Ada Evaluasi untuk Timnas Indonesia

Kemenangan telak atas Brunei sudah sesuai ekspektasi

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia tak mendapat evaluasi dari Shin Tae Yong usai menggilas Brunei Darussalam dengan agregat 12-0. Hasil itu dinilai sudah sesuai dengan ekspektasi pelatih asal Korea Selatan itu.

Sebagaimana diketahui, Rizki Ridho dan kolega berhasil mencukur Brunei dalam dua laga babak kualifikasi Piala Dunia 2026. Usai menang setengah lusin pada 12 Oktober, Timnas Indonesia juga menang dengan skor serupa saat duel kedua pada 17 Oktober.

Ketimbang melakukan evaluasi, Shin justru langsung menyiapkan racikan strategi baru untuk berpetualang di fase kedua kualifikasi zona Asia. Mengingat, Indonesia dinanti sederet tim tangguh.

"Brunei itu memang masih di bawah kita, ya. Jadi, daripada evaluasi pertandingan kemarin, kita lebih fokus membuat organisasi permainan untuk turnamen berikutnya," kata Shin kepada awak media.

1. Mau persiapkan tim lebih matang

Shin Tae Yong Puas, Tak Ada Evaluasi untuk Timnas IndonesiaTimnas Indonesia lawan Brunei Darussalam. (Dok. PSSI)

Shin juga ingin mempersiapkan tim yang lebih matang. Persiapan itu dibutuhkan untuk melewati adangan Irak, Vietnam dan Filipina di Grup F dalam fase kedua babak kualfikasi Piala Dunia 2026 nanti.

"Lawan kita (di grup F) memang lebih baik daripada kita. Jadi, persiapan kita harus lebih matang lagi," kata Shin.

Baca Juga: Kualifikasi Piala Dunia 2026, Timnas Indonesia Siapkan Skuad Terbaik

2. Irak jadi lawan paling tangguh

Shin Tae Yong Puas, Tak Ada Evaluasi untuk Timnas IndonesiaIraq saat melawan Yordania, Selasa (17/10/2023). (Twitter/@IraqNT_En),

Irak menjadi salah satu lawan terberat Timnas Indonesia di babak tersebut. Shin memang harus membuat strategi kejutan karena bakal menantang Irak di markasnya.

Nah, dalam laga nanti, juru taktik asal Korea Selatan itu berharap anak asuhnya tak ciut nyali. Pasukan Garuda diwajibkan tampil kreatif guna merepotkan barisan pertahanan Irak.

"Memang akan sulit, apalagi kita akan away. Tapi, pemain harus berani bermain di daerah lawan," ujar Shin.

3. Indonesia masih punya bahan evaluasi

Shin Tae Yong Puas, Tak Ada Evaluasi untuk Timnas IndonesiaTimnas Indonesia lawan Brunei Darussalam di GBK. (dok. PSSI)

Hanya saja, jelang laga tersebut, Shin punya PR untuk menyempurnakan permainan Timnas Indonesia. Masih ada blunder fatal yang dipertontonkan kala melumat Brunei dalam laga duel 2 leg kemarin.

Timnas Indonesia beberapa kali kehilangan bola di daerah sendiri. Beruntung, Brunei Darussalam tak begitu efektif kala memanfaatkan momentum tersebut.

Baca Juga: Timnas Indonesia Sambut Babak Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya