Shin Tae Yong Minta Timnas Tak Ciut Nyali Lawan Irak

Irak lawan terkuat di fase 2 Kualifikasi Piala Dunia 2026

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia sudah dinanti ujian berat di fase kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Irak menjadi salah satu lawan terberat Pasukan Garuda di babak tersebut.

Selain Irak, Indonesia juga dikepung Vietnam dan Filipina yang tergabung di Grup F. Melihat situasi tersebut, Shin meminta anak asuhnya tak ciut nyali.

"Irak pastinya lebih kuat dari kita. Jadi, yang penting, pemain harus percaya diri," kata Shin Tae Yong kepada awak media.

1. Timnas Indonesia dituntut tampil eksplosif

Shin Tae Yong Minta Timnas Tak Ciut Nyali Lawan IrakTimnas Indonesia lawan Brunei Darussalam. (Dok. PSSI)

Kian terasa berat karena Rizky Ridho dan kolega bakal menantang Irak di markasnya. Duel tersebut bakal terlaksana pada 16 November 2023 mendatang.

Shin berharap, Pasukan Garuda bisa mengatasi tekanan tuan rumah dan tampil eksplosif. Marc Klok dan kawan-kawan diwajibkan untuk kreatif guna merepotkan barisan pertahanan Irak.

"Memang akan sulitm apalagi kita akan away. Tapi, pemain harus berani bermain di daerah lawan," ujar Shin.

Baca Juga: Shin Tae Yong Sanjung Sikap Hormat Timnas Indonesia

2. Sekuat apa sih Irak?

Shin Tae Yong Minta Timnas Tak Ciut Nyali Lawan IrakIraq saat melawan Yordania, Selasa (17/10/2023). (Twitter/@IraqNT_En),

Menilik peringkat FIFA, Indonesia tertinggal jauh dari Irak. Tim berjuluk Singa Mesopotamia itu kini bertengger di peringkat 69, yakni 78 tingkat di atas Indonesia yang sedang duduk di urutan 148.

Tim asuhan Jesus Casas itu juga memiliki riwayat pertandingan yang ciamik. Semakin terlihat silau karena Irak baru saja menjuarai Arabian Gulf Cup 2023 usai mengalahkan Oman di partai final, pada awal tahun ini.

3. Persiapan harus lebih matang

Shin Tae Yong Minta Timnas Tak Ciut Nyali Lawan IrakSesi latihan Timnas Indonesia di Lapangan C Senayan, Senin (9/10/2023). (IDN Times/Tino).

Selain Irak, Indonesia bakal bersua Vietnam pada November 2023 mendatang. Demi membukukan hasil positif, Shin ingin menggelar persiapan yang matang.

"Lawan kita (di grup F) memang lebih baik daripada kita. Jadi, persiapan kita harus lebih matang lagi," kata Shin.

Baca Juga: Girangnya Hokky Caraka Bisa Tebus Kepercayaan Shin Tae Yong

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya