Shin Tae Yong Bingung Justin Hubner Bikin Blunder Fatal

Blunder yang bikin Timnas U-23 kebobolan

Jakarta, IDN Times - Shin Tae Yong merespons blunder fatal Justin Hubner yang membuat Timnas Indonesia U-23 keok dari Irak, dalam perebutan tempat ketiga Piala Asia U-23 2024, Kamis (2/5/2024). Shin mengaku bingung ketika melihat Hubner yang melakukan blunder tersebut.

Sebenarnya, secara logika, Hubner bisa saja meredam ancaman yang dilepaskan Irak pada menit 96. Tapi, pada kenyataannya Hubner gagal membuang bola atau menghentikan pergerakan Ali Jasim, hingga akhirnya gawang Ernando Ari jebol. Blunder itu sekaligus membuat Garuda Muda keok dengan skor 1-2.

Baca Juga: Kesempatan Terakhir Timnas U-23 Menuju Olimpiade 2024

1. Hubner hilang fokus

Shin Tae Yong Bingung Justin Hubner Bikin Blunder FatalPotret Justin Hubner di Piala Asia U-23 2024. (Instagram/@justinhubner5)

Hubner sebenarnya bisa mengantisipasi bola umpan panjang Muntadher Mohammed andai tak hilang fokus. Umpan Mohammed jatuh di dekat kakinya, namun Hubner gagal membuang bola.

Alhasil, Ali Jasim yang tak terkawal dengan leluasa menusuk ke kotak penalti. Penyelesaian akhir yang diarahkan ke tiang jauh begitu mulus, hingga membuat Ernando tak berdaya.

Baca Juga: Kesempatan Terakhir Timnas U-23 Menuju Olimpiade 2024

2. Shin Tae Yong bingung

Shin Tae Yong Bingung Justin Hubner Bikin Blunder FatalPelatih Timnas U-23, Shin Tae Yong. (Dok. PSSI)

Blunder konyol itu pun membuat Shin kebingungan. Sebab, dengan pengalamannya di Inggris, Shin meyakini bola seperti itu seharusnya mudah diantisipasi oleh Hubner.

Terlebih, secara keseluruhan, performa Hubner kontra Irak menjadi yang paling stabil. Sebelum perpanjangan waktu, Bek Cerezo Osaka itu jatuh bangun, untuk mengawal Ernando Ari.

"Saya juga tidak mengerti kenapa Justin melakukan kesalahan itu. Saya juga belum yakin kenapa. Itu juga jadi pertanyaan untuk saya," kata Shin selepas laga.

3. Masih ada harapan ke Olimpiade

Shin Tae Yong Bingung Justin Hubner Bikin Blunder FatalTimnas U-23 lawan Irak di Piala Asia U-23 2024. (Dok. PSSI)

Kesalahan Hubner sekaligus menggagalkan harapan Timnas U-23 ke Olimpiade Paris 2024 sebagai peringkat tiga di Asia. Namun, Ivar Jenner dan kawan-kawan masih punya skenario lain.

Garuda Muda masih memiliki satu opsi lagi, yakni melakoni play-off kontra wakil Afrika, Guinea. Duel hidup-mati ini akan dihelat di Stade Pierre Pibarot, Prancis, 9 Mei 2024.

Baca Juga: Jadwal Play-off Olimpiade 2024 Timnas U-23 vs Guinea

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya