Shin Tae Yong Belum Bisa Garansikan Jay Idzes Tampil Saat Lawan Irak

Jay baru akan bergabung hari ini

Intinya Sih...

  • Timnas Indonesia belum lengkap tanpa Jay Idzes jelang lawan Irak di Kualifikasi Piala Dunia 2026.
  • Jay baru tiba di Jakarta pada Rabu, belum bisa dipastikan akan tampil karena kondisi fisiknya tidak 100% dan mengalami jet lag.
  • Jay terlambat bergabung karena memperkuat klub Venezia dalam perebutan tiket promosi ke Serie A musim depan.

Jakarta, IDN Times - Skuad Timnas Indonesia ternyata belum lengkap jelang lawan Irak dalam lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis (6/6/2024). Hal itu karena Jay Idzes belum bergabung bersama tim.

Pelatih Timnas, Shin Tae Yong, mengatakan, Jay baru akan tiba di Jakarta pada Rabu (5/6/2024). Oleh karena itu, ia pun belum bisa memberikan garansi bahwa Jay akan tampil saat melawan Irak.

Baca Juga: Shin Tae Yong Stres Sampai Masuk RS Jelang Timnas Lawan Irak

1. Kondisi Jay harus dipantau

Shin Tae Yong Belum Bisa Garansikan Jay Idzes Tampil Saat Lawan IrakShin Tae Yong (kiri) dan Jordi Amat (kanan) dalam jumpa pers jelang lawan Irak, Rabu (5/6/2024). (IDN Times/Tino).

Sebab baru tiba pada hari ini, kondisi Jay tidak akan bugar 100 persen. Terlebih, bek 24 tahun itu bakal mengalami jet lag karena menempuh perjalanan jauh dari Italia.

Shin bakal meminta tim medis untuk memantau kondisi Jay terlebih dahulu. Andai kebugarannya meyakinkan, Shin tak menutup peluang untuk memberikan Jay menit bermain.

"Jay akan sampai di Indonesia hari ini. Saya akan cek dulu kondisinya seperti apa. Setelah itu, baru kami putuskan apakah Jay akan bermain atau tidak," kata Shin dalam jumpa pers jelang laga, Rabu.

Baca Juga: Shin Tae Yong soal 8 Pemain Asing di Liga 1: Lokal Harus Bersaing

2. Alasan Jay telat gabung

Shin Tae Yong Belum Bisa Garansikan Jay Idzes Tampil Saat Lawan IrakPotret pemain Timnas Indonesia naturalisasi, Jay Idzes. (Instagram/@jayidzes)

Jay terlambat bergabung dengan Timnas Indonesia karena memperkuat klub Venezia terlebih dahulu dalam perebutan tiket promosi ke Serie A musim depan kontra Cremonese pada 31 Mei dan 3 Juni 2024. Jay pun berhasil mengantarkan Venezia promosi dengan kemenangan agregat 1-0.

Jay pun tinggal menunggu waktu untuk mencatatkan sejarah baru sebagai pemain Indonesia pertama yang tampil di kasta tertinggi Italia. Sejarah itu bisa dicatat andai Venezia tak meminjamkan atau menjualnya ke klub di luar Serie A.

Baca Juga: 3 Fakta Menarik Usai Jay Idzes Antar Venezia ke Serie A

3. Timnas masih punya amunisi lain

Shin Tae Yong Belum Bisa Garansikan Jay Idzes Tampil Saat Lawan IrakJordi Amat (instagram.com/jordiamat5)

Meski tanpa Jay, Shin Taeyong masih punya amunisi lain yang tak kalah tangguh. Itu karena ada Jordi Amat, Justin Hubner, Rizky Ridho, dan Muhammad Ferarri dalam daftar pemain.

Jordi, Justin, dan Ridho bisa menjadi opsi Shin sebagai starter dalam skema tiga bek sejajar. Lebih dari itu, Shin juga bisa saja kembali menggeser Sandy Walsh untuk bermain di posisi tersebut.

Baca Juga: Timnas Indonesia Bukan Cuma Tentang Elkan Baggott

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya