Ronaldo Tak Egois, Pelatih Portugal Beri Pujian Selangit

Ronaldo pilih beri assist ketimbang cetak gol

Jakarta, IDN Times - Aksi Cristiano Ronaldo saat Portugal menggilas Turki mendapat sorotan positif. Pelatih Portugal, Roberto Martinez memberikan pujian setinggi langit untuk pemain Al Nassr itu.

Skuad Selecao das Quinas menang meyakinkan 3-0 atas Turki dalam duel yang berlangsung di Signal Induna Park pada Sabtu, 22 Juni 2024. Tiga gol Portugal dicetak masing-masing oleh Bernanrdo Silva (21'), bunu diri dari Samet Akaydin (28'), dan Bruno Fernandes (55').

Ronaldo sebetulnya punya momen besar mencetak gol ketiga Portugal. Namun, dia tak egois dan lebih memilih mengumpan Fernandes walau sudah berhadapan langsung dengan kiper Turki. 

Fernandes pun berhasil menyelesaikan umpan Ronaldo dengan manis. Dia mampu melepaskan sepakan terukur yang langsung merobek gawang Turki untuk ketiga kalinya dalam duel ini.

1. Kedewasaan Ronaldo jadi contoh

Ronaldo Tak Egois, Pelatih Portugal Beri Pujian SelangitMomen Cristiano Ronaldo beri assist kepada Bruno Fernandes, Sabtu (22/6/2024). (Instagram/@EURO2024).

Martinez kagum dengan apa yang dilakukan Ronaldo, mengingat statusnya sebagai megabintang. Apalagi, pria 39 tahun itu belum pecah telur dalam turnamen edisi kali ini.

Martinez merasa sikap Ronaldo patut menjadi pembelajaran di seluruh akademi sepak bola Portugal. Tak hanya itu, semua pesepak bola profesional juga harus mencontohnya, karena kemenangan tim lebih utama ketimbang catatan individu.

"Kami melihat sesuatu yang luar biasa. Di depan kiper, dia memberikannya kepada Bruno Fernandes. Ini adalah contoh yang harus ditunjukkan di setiap akademi Portugal dan di seluruh dunia sepak bola. Ronaldo menunjukkan bahwa tim adalah hal yang paling penting," kata Martinez dikutip laman resmi UEFA.

Baca Juga: Portugal Kesal, 6 Pitch Invader Kejar Ronaldo Saat Lawan Turki

2. Pernyataan Martinez benar adanya

Ronaldo Tak Egois, Pelatih Portugal Beri Pujian SelangitRoberto Martinez (twitter.com/selecaoportugal)

Ronaldo memang belum mencetak gol dalam dua laga Portugal di Grup F Euro 2024. Namun, perannya di lini depan dinilai krusial.

Dalam kedua laga yang sudah dijalani, Ronaldo tak hanya menunggu bola di depan, melainkan juga bergerak ke sayap, serta membuka ruang untuk rekan-rekannya. CR7 juga beberapa kali memberikan tekanan, menyaring serangan lawan dari depan.

Penampilan Ronaldo itu membuktikan keputusan Martinez tepat. Sebelumnya, keputusannya sempat dipertanyakan lantaran membawa Ronaldo yang sudah uzur, ke Euro 2024.

3. Ronaldo gak bakal diparkir

Ronaldo Tak Egois, Pelatih Portugal Beri Pujian SelangitCristiano Ronaldo (uefa.com)

Martinez juga sudah menjanjikan tempat utama kepada Ronaldo dalam perjalanan Portugal di Euro 2024. Pria kelahiran Funchal itu tidak akan diparkir satu laga pun, dengan syarat tidak cedera dan gangguan otot.

"Apakah Anda tahu berapa menit yang dimainkan Cristiano musim lalu? Dia punya pengalaman, tidak ada pemain lain dalam sejarah sepak yang sepertinya," kata Martinez.

Baca Juga: Bekuk Turki, Portugal Lolos ke 16 Besar Euro 2024

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya