Ranking FIFA Timnas Indonesia Usai Piala Asia 2023, Naik atau Turun?

Skuad Garuda meraih satu kemenangan dan tiga kali kalah

Jakarta, IDN Times - Peringkat FIFA Timnas Indonesia menjadi salah satu yang menarik untuk dinantikan setelah menuntaskan kiprahnya di Piala Asia 2023. Sebelumnya, memulai petualangannya di Qatar, skuad Garuda bertengger di urutan 146.

Timnas Indonesia memang berhasil menembus partai 16 besar. Namun, Rafael Struick dan kawan-kawan langsung angkat koper setelah dicukur habis Australia empat gol tanpa balas di Jassim Bin Hamad pada Minggu, 28 Januari 2024.

Kendati menembus fase gugur, tim besutan Shin Tae Yong sebenarnya lebih sering kalah di babak penyisihan grup. Lalu, seperti apa peringkat Timnas Indonesia setelah berkiprah di Piala Asia 2023?

1. Peringkat Timnas Indonesia bakal naik!

Ranking FIFA Timnas Indonesia Usai Piala Asia 2023, Naik atau Turun?Timnas Indonesia lawan Vietnam di Piala Asia 2023. (Dok. PSSI)

Secara total, Timnas Indonesia melakoni empat laga di turnamen ini. Selain keok dari Australia, mereka juga dipermak Irak dan Jepang dalam kiprahnya di Grup D.

Timnas Indonesia hanya mampu membukukan kemenangan sekali, kala bersua Vietnam. Alih-alih turun karena menelan kekalahan, kemenangan dari skuad Bintang Emas ternyata mampu mendongkrak peringkat tim besutan Shin Tae Yong.

Baca Juga: Naik-Turun Perjalanan Timnas Indonesia Selama Piala Asia 2023

2. Timnas Indonesia naik ke peringkat berapa?

Ranking FIFA Timnas Indonesia Usai Piala Asia 2023, Naik atau Turun?Timnas Indonesia lawan Vietnam di Piala Asia 2023. (Dok. PSSI)

Perhitungan poin FIFA memang belum diperbarui sejak 21 Deseber 2023. Namun, menurut perhitungan Footy Rankings, peringkat Ivar Jenner dan kawan-kawan naik cukup signifikan, dari urutan 146 ke 142.

Lonjakan ini tak lepas dari kemenangan Timnas Indonesia atas Vietnam. Dari kemenangan tersebut, skuad Garuda sukses mendulang 23,18 poin.

Pendapatannya cukup besar mengingat peringkat Vietnam berada jauh di atas Indonesia. Sebaliknya, poin Indonesia hanya berkurang sedikit karena Irak, Jepang dan Australia peringkatnya lebih tinggi dari tim Merah Putih.

3. Thailand rebut status Raja ASEAN

Ranking FIFA Timnas Indonesia Usai Piala Asia 2023, Naik atau Turun?Timnas Thailand (instagram.com/theerathon_3)

Di sisi lain, Vietnam harus kehilangan 23,18 poin karena takluk dari Marselino Ferdinan dan kawan-kawan. Pengurangan ini memaksa tim asuhan Philippe Troussier lengser dari peringkat pertama ASEAN.

Status Raja ASEAN kini direbut Thailand. Tim Gajah Perang mendulang banyak poin karena mengukir satu kemenangan dan dua kali imbang di fase grup. Thailand bertengger di urutan 101, sementara Vietnam 105.

Baca Juga: Piala Asia Usai, Timnas Bidik Kualifikasi Piala Dunia 2026

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya