PSSI Tak Minta Pemain Naturalisasi Kembalikan Paspor Sejak Era 2010

Sudah kebiasaan PSSI sejak lama?

Jakarta, IDN Times - Pemain naturalisasi Timnas Indonesia di bawah nahkoda Shin Tae Yong dirumorkan tidak mengembalikan paspor negara asalnya. Ternyata, polemik ini sudah terjadi sejak lama, tepatnya era 2010 lalu

Sejak saat itu, PSSI memang mulai getol melakukan naturalisasi. Sejak saat itu pula, nama seperti Cristian Gonzales, Kim Kurniawan, Diego Michiels, Jhon van Beukering, Tonnie Cussel, Raphael Maitimo, hingga Greg Nwokolo memilih untuk menyandang status Warga Negara Indonesia (WNI) demi membela skuad Garuda.

1. Sudah jadi sistem PSSI?

PSSI Tak Minta Pemain Naturalisasi Kembalikan Paspor Sejak Era 2010Logo PSSI. (Website/pssi.org)

Namun, saat sudah sah menjadi WNI, PSSI tidak menuntut mereka untuk mengembalikan paspor lamanya. Hal itu diutarakan eks Kepala Badan Tim Nasional (BTN), Iman Arif.

"Waktu naturalisasi gen pertama tidak perlu dikembalikan paspornya. Hanya cukup dengan dapat paspor Indonesia," kata Iman Arif kepada IDN Times, Jumat (13/9/2024).

Polemik ini juga ikut disentil eks Dubes RI untuk Polandia dan politikus Partai Nasdem, Peter Gontha. Dia menyebut tahu soal isu paspor Belanda yang tak dikembalikan dan menyayangkan atas hal tersebut.

"Apakah Anda tahu, bahwa naturalisasi mereka hanya sementara. Karena mereka mempunyai dua paspor, nanti kalau sudah selesai main di Indonesia mereka akan buang status WNI mereka? (saya tahu)," cuit Peter.

Baca Juga: Kisruh Pemain Naturalisasi Timnas, Bolehkah Pegang 2 Paspor?

2. Tetap memegang paspor negara asalnya

PSSI Tak Minta Pemain Naturalisasi Kembalikan Paspor Sejak Era 2010Cristian Gonzales nonton Timnas (Instagram.com/el_locogoliadorcg10_)

Iman Arif juga membenarkan bahwa Maitimo dan kawan-kawan tetap memegang paspor negara asalnya meski sudah membela Timnas Indonesia. Hal ini juga diduga dilakukan para pemain naturalisasi di era Shin Tae Yong.

"Setahu saya, mereka tetap memegang paspor negara asalnya," ucap Iman Arif.

3. PSSI bantah

PSSI Tak Minta Pemain Naturalisasi Kembalikan Paspor Sejak Era 2010Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga. (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga sebenarnya sudah angkat suara terkait polemik ini. Namun, Arya meresponsnya dengan jawaban yang kurang lugas.

"Ada tadi bertanya mengenai paspornya. Dan yang pasti, ketika masuk, dia pakai paspornya Indonesia. Ketika keluar dari Indonesia, dia juga pakai paspornya Indonesia," kata Arya.

Baca Juga: 3 Saudara Kembar yang Pernah Bermain di Timnas Belanda

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya