PSSI Parkir Enam Perangkat Pertandingan, Liga 2 Terbanyak!

Asisten wasit Bhayangkara vs Persija diparkir 8 pekan

Jakarta, IDN Times - PSSI mengistirahatkan enam perangkat pertandingan di Liga 1 dan Liga 2. Total ada empat wasit dan dua asiten wasit yang bakal menepi beberapa pekan, untuk menjalani pembinaan dari federasi.

Liga 2 menyumbang nama terbanyak yang diistirahatkan PSSI, yakni lima perangkat pertandingan. Sementara, Liga 1 hanya terdapat satu asisten wasit yang dibina mulai Jumat (8/12/2023).

1. Asisten wasit di laga Bhayangkara FC vs Persija diistirahatkan delapan pekan

PSSI Parkir Enam Perangkat Pertandingan, Liga 2 Terbanyak!Persija saat menghadapi Bhayangkara, Senin (27/11/2023). (Dok. Persija).

Dari Liga 1, Mahmud Ansyori selaku asisten wasit yang bertugas dalam laga Bhayangkara FC kontra Persija Jakarta pada 27 November 2023 lalu harus menepi cukup lama. Mahmud perlu menjalani pembinaan, hingga delapan pekan ke depan.

Itu karena Mahmud membuat kesalahan keputusan yang fatal. Dia menganulir gol penyerang Bhayangkara, Osvaldo Haay yang sejatinya tidak terperangkap offside. Hal tersebut pun diakui pelatih Persija, Thomas Doll.

"Kita juga sebenarnya beruntung karena gol kedua Bhayangkara itu harusnya tidak offside dan saya sudah lihat tadi. Jadi bisa dibilang kita beruntung," kata Thomas Doll usai ditahan imbang Bhayangkara 2-2.

Baca Juga: Erick Thohir Ultimatum Wasit Liga 1 dan Liga 2

2. Total empat wasit dan satu asisten wasit Liga 2 diparkir

PSSI Parkir Enam Perangkat Pertandingan, Liga 2 Terbanyak!Logo PSSI di Kantor PSSI. (IDN Times/Tino).

Sementara, total empat wasit dan satu asisten wasit yang bertugas di Liga 2 ikut diistirahatkan PSSI. Wasit yang diistirahatkan adalah Axel Febrian Sinaga, Cahya Sugandi, Ridwan Pahala dan Zetman Pangaribuan.

Axel dan Cahya menjadi yang terlama, yakni empat pekan karena wasit lainnya hanya dibina dua pekan. Ahmad Maulana Rusnandi selaku asisten wasit juga diparkir empat pekan.

3. Wasit Liga 1 dan Liga 2 masih banyak yang kontroversial

PSSI Parkir Enam Perangkat Pertandingan, Liga 2 Terbanyak!Wakil Ketua Komite Wasit PSSI, Yoshimi Ogawa. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Wakil Ketua Komite Wasit PSSI, Yoshimi Ogawa, menyebut bahwa sampai saat ini, masalah perwasitan di Indonesia masih dia telusuri. Sebab, semua masih belum jelas baginya.

"Jujur, saya belum tahu secara jelas (masalah wasit di Indonesia apa). Saya hanya dengar rumor-rumor saja dengan telinga saya. Saya harus melihat semua dengan mata kepala saya sendiri," ujar Ogawa di Gedung Telkom pada Senin 20 Oktober 2023.

Dalam kesempatan serupa, keputusan kontroversial yang kerap dipertontonkan, menurut anggota Komite Wasit PSSI, Purwanto, murni human error. Purwanto menampik kalau Liga 1 dan Liga 2 terdapat mafia wasit.

"Ya enggak lah (ada mafia di Liga 2 dan Liga 3). Adanya kesalahan teknis saja. Saya selalu positive thinking dengan siapa pun itu," kata Purwanto di Gedung Telkom, beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Jalan Panjang Wasit Indonesia Jadi Operator VAR di Liga 1

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya