PSSI Bantah Ada Kendala Perpanjangan Kontrak Shin Tae Yong

Tidak ada kendala teknis

Intinya Sih...

  • Kepastian perpanjangan kontrak Shin Tae Yong bersama Timnas Indonesia masih abu-abu, PSSI belum menjelaskan kapan kontrak ditandatangani.
  • Berkas kontrak baru sudah siap untuk ditandatangani, Erick Thohir dan Shin sudah sepakat terkait klausul, target, gaji, dan bonus hingga 2027 mendatang.
  • Tanda tangan kontrak tertunda karena Shin masih menjalani pemulihan setelah sakit saat Timnas Indonesia melawan Irak dan Filipina.

Jakarta, IDN Times - Kepastian perpanjangan kontrak Shin Tae Yong bersama Timnas Indonesia masih abu-abu. PSSI masih belum menjelaskan secara gamblang, terkait kapan arsitek asal Korea Selatan itu menandatangani kontrak.

Namun, tertundanya Shin menambah masa bakti bukan karena ada kendala. Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga, menyatakan semua prosesnya sudah rampung dan tinggal menunggu waktu.

1. Berkas sudah siap ditandatangani

PSSI Bantah Ada Kendala Perpanjangan Kontrak Shin Tae YongStaf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga. (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Arya menyatakan, berkas kontrak baru sudah siap untuk ditandatangani. Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan Shin sudah sepakat terkait klausul, target, gaji, dan bonus, hingga 2027 mendatang.

"Klausul, poin-poin, sudah beres. Sudah diskusi, kecuali Pak Erick bilang kontraknya sedang berproses, itu berarti masih negosiasi. Ini kan tinggal tanda tangan," kata Arya di Jakarta, Selasa (25/6/2024).

Baca Juga: Indra Sjafri Panggil 33 Pemain ke Timnas U-19, Ada 2 Diaspora

2. Tertunda karena kondisi Shin

PSSI Bantah Ada Kendala Perpanjangan Kontrak Shin Tae YongPotret Shin Tae Yong saat memimpin latihan Timnas U-23 di Prancis. (Dok. PSSI).

Tanda tangan kontrak tertunda karena Shin masih menjalani pemulihan. Memang, pelatih 53 tahun itu sempat sakit kala Timnas Indonesia menjamu Irak dan Filipina dalam laga pamungkas Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026, awal Juni lalu.

"Kan sudah dibilang Pak Ketum, beliau lagi sakit. Tolong enggak usah banyak (asumsi)," ujar Arya.

3. Tidak ada bukti Shin bakal balikan dengan Korea Selatan

PSSI Bantah Ada Kendala Perpanjangan Kontrak Shin Tae YongPelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong, bersama Thom Haye (IDN Times / Tino Satrio)

Arya juga membantah soal rumor Shin yang akan kembali dipinang Federasi Sepak Bola Korea Selatan (KFA), untuk menangani Son Heung Min dan kawan-kawan. Menurut Arya, tidak ada bukti kuat kalau KFA menginginkan kembali jasa pelatih kelahiran Yeongdeok tersebut.

"Belum ada keterangan resmi kalau KFA tertarik dengan Shin. Belum ada," ucap pria yang juga menjabat sebagai Staf Khusus Menteri BUMN tersebut.

Baca Juga: Shin Tae Yong Masuk Bursa Pelatih Korea Selatan?

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya