Profil Radja Nainggolan, Calon Bintang Anyar Bhayangkara FC

Kapan Radja Nainggolan diperkenalkan Bhayangkara?

Jakarta, IDN Times - Bhayangkara FC bakal menjadi magnet di sisa putaran kedua Liga 1 musim 2023/24. Sebab, The Guardian segera diperkuat eks bintang AS Roma dan Inter Milan, Radja Nainggolan.

Kepastian itu dikonfirmasi langsung Chief Operating Officer (COO) Bhayangkara FC, Sumardji. Pria yang juga menjabat sebagai anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI itu membenarkan bahwa Bhayangkara FC tinggal menunggu waktu untuk memperkenalkan Nainggolan.

"Iya, benar (Radja Nainggolan) ke Bhayangkara FC," kata Sumardji kepada IDN Times.

1. Bisa jadi juru selamat Bhayangkara?

Profil Radja Nainggolan, Calon Bintang Anyar Bhayangkara FCRadja Nainggolan (skysports.com)

Aktivitas Bhayangkara di bursa transfer paruh musim memang terbilang meyakinkan. Sebelum Nainggolan, tim asuhan Mario Gomez itu berhasil mendaratkan Witan Sulaeman, Osvaldo Haay, dan Putu Gede Juni Antara.

Manuver tersebut memang dibutuhkan, mengingat Bhayangkara masih menjadi juru kunci di klasemen sementara. Mereka berada di posisi terbawah, dengan torehan 10 poin dari 20 laga.

Laju The Guardian pada musim ini memang anjlok. Padahal, pada musim lalu, Bhayangkara FC berhasil finis di peringkat ketujuh.

Baca Juga: Bhayangkara FC Dekati Radja Nainggolan Sejak Awal November

2. Nainggolan punya ikatan emosional dengan Indonesia

Profil Radja Nainggolan, Calon Bintang Anyar Bhayangkara FCRadja Nainggolan dan Erick Thohir dalam jumpa pers, Rabu (8/11/2023). (IDN Times/Tino).

Sepanjang kariernya, ini kali pertama Nainggolan merumput di Indonesia. Gelandang berusia 35 tahun itu bisa dikatakan pulang kampung, karena ayahnya berasal dari Medan, Sumatera Utara.

Nainggolan didatangkan Bhayangkara secara gratis. Itu karena eks Timnas Belgia tersebut berstatus tanpa klub, sejak Juli 2023 lalu.

Karena sempat menganggur, tentu Nainggolan butuh adaptasi kembali. Dia sempat kehilangan intensitas kompetisi empat bulan lamanya. Ini juga menjadi tugas berat buat Bhayangkara membantunya mengembalikan sentuhan.

3. Profil singkat Radja Nainggolan

Profil Radja Nainggolan, Calon Bintang Anyar Bhayangkara FCRadja Nainggolan saat masih berseragam Cagliari. (twitter.com/CagliariCalcio)

Pemain kelahiran Antwerpen, 4 Mei 1988 lalu merupakan jebolan akademi Beerschot pada 2003 lalu. Namun, setahun setelahnya, Nainggolan berlabuh ke Piacenza.

Bersama Piacenza, Nainggolan memulai kiprahnya dari U-19 sebelum menembus tim utama pada 2007. Tiga tahun bersama Piacenza, dia menuju Cagliari Calcio.

Nama Nainggolan mulai meledak pada 2014 lalu. Nainggolan mulai menjadi sorotan, sejak berseragam AS Roma. Pada 2018 dia ditebus dengan mahar yang lumayan fantastis oleh Inter Milan.

Nainggolan memang bukan pemain yang menetap di satu atau dua klub saja. Meski kerap berganti klub, Nainggolan cukup setia berkarier di Italia.

Pada 2021 lalu, Nainggolan akhirnya memutuskan pulang ke Belgia. Namun, dua tahun setelahnya, dia kembali ke Italia, untuk membela SPAL hingga akhirnya menganggur pada Juli 2023 lalu.

Baca Juga: Radja Nainggolan Jadi Rekrutan Anyar Bhayangkara FC!

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya