Prancis ke Perempat Final Usai Susah Payah Tekuk Belgia

Terbantu gol bunuh diri

Jakarta, IDN Times - Prancis melaju ke perempat final Euro 2024. Tiket itu didapat setelah susah payah mengalahkan Belgia dengan skor tipis 1-0, Senin (1/7/2024) malam WIB.

Duel di Duesseldorf Arena, Jerman, ini sejatinya berjalan alot sepanjang laga. Prancis dan Belgia mengalami kebuntuan karena pertahanan kedua tim tampil solid. Prancis yang tampil dominan pada 45 menit pertama sebenarnya mendapat sejumlah momentum untuk unggul lebih dahulu. Cukup disayangkan, penyelesaian akhir mereka jarang menemui sasaran.

Jules Kounde menjadi otak serangan Les Blues lewat overlap-nya di sayap kanan. Bek Barcelona itu mampu melepaskan sejumlah umpan kunci. Namun, itu tidak dituntaskan dengan baik oleh rekan-rekannya.

Serangan balik yang dilancarkan Belgia, di sisi lain, terasa berbahaya. Kevin De Bruyne dkk menimbulkan kesulitan di lini pertahanan Les Bleus. Prancis sampai panen 3 kartu kuning saat duel baru berusia 24 menit.

Memasuki menit krusial, Kylian Mbappe menemukan cela untuk membongkar pertahanan Red Devils. Namun, peluang-peluang yang terbuang memaksa Prancis harus bermain imbang tanpa gol hingga jeda.

Pada paruh kedua, Prancis berhasil melanjutkan dominasinya. Tempo mereka lebih cepat. Namun, pertahanan Belgia masih membuat lini depan Les Blues frustrasi. Di sisi lain, permainan Belgia kurang berkembang. Kondisi itu membuat Kevin De Bruyne dkk minim mendapatkan peluang. Terlebih, Romelu Lukaku sulit melepaskan diri dari kawalan ketat Dayot Upamecano.

Peluang emas perdana mereka baru lahir pada menit 82 lewat skema serangan balik cepat. Sial, tembakan keras De Bruyne dari luar kotak penalti masih mampu digagalkan kiper Mike Maignan. Gol yang dinanti-nanti Prancis akhirnya lahir pada menit 85. Tembakan keras Randal Kolo Muani yang membentur Jan Vertonghen sukses menggetarkan jala Belgia.

Duel kian seru karena Belgia meningkatkan intensitas serangannya. Mereka tidak punya pilihan selain menggempur pertahanan Les Blues. Namun, upaya mereka untuk memperpanjang napas.

Baca Juga: Gol Bunuh Diri Jan Vertonghen Bantu Prancis Ungguli Belgia

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya