Portugal Gak Bakal Parkir Cristiano Ronaldo di Euro 2024

Jangan pertanyakan kebugaran CR7

Intinya Sih...

  • Cristiano Ronaldo menjadi tumpuan lini depan Portugal sepanjang Euro 2024, gak akan jadi cadangan selama turnamen.
  • CR7 membuktikan kebugarannya dengan hanya sekali bermain dari bangku cadangan, mencetak 46 gol dan 13 assist bersama Al Nassr.
  • Ronaldo masih punya peran penting di tim nasional Portugal, membantu dalam mencetak gol dan memberikan contoh etos kerja keras kepada pemain muda.

Jakarta, IDN Times - Cristiano Ronaldo akan menjadi tumpuan lini depan Portugal sepanjang Euro 2024. Itu karena pelatih Portugal, Roberto Martinez, sudah menegaskan tidak akan mencadangkan CR7 sepanjang turnamen.

Tentu dengan syarat pemilik lima Ballon d'Or itu tidak mengalami cedera atau gangguan otot. Sebab, Martinez meyakini kebugaran Ronaldo masih di atas rata-rata, meski sudah menginjak 39 tahun.

"Apakah Anda tahu berapa menit yang dimainkan Cristiano musim lalu? Dia punya pengalaman, tidak ada pemain lain dalam sejarah sepak yang sepertinya," kata Martinez dilansir ESPN.

1. Ronaldo main 4.000 menit sepanjang musim 2023/24

Portugal Gak Bakal Parkir Cristiano Ronaldo di Euro 2024Cristiano Ronaldo (instagram.com/cristiano)

Ronaldo memang tua-tua keladi. Saat pemain seumurannya telah pensiun, CR7 masih gacor bersama Al Nassr. Ronaldo memiliki catatan, yang membuktikan kalau masanya belum habis.

Megabintang kelahiran Funchal itu hanya sekali bermain dari bangku cadangan, dari 46 laga yang dilakoninya bersama Al Nassr sepanjang musim 2023/24. Total Ronaldo berlaga selama 4.064 menit dari 46 laga yang dimainkan, dilengkapi 46 gol dan 13 assist.

"Cristiano membawa pengalaman ke sini. Dia ada di tim nasional karena memang pantas. Lihat saja apa yang telah dia lakukan musim terakhirnya," ujar Martinez.

Baca Juga: Para Pemain Portugal Meragukan Ronaldo di Euro 2024

2. Ronaldo punya peran penting

Portugal Gak Bakal Parkir Cristiano Ronaldo di Euro 2024Roberto Martinez (uefa.com)

Martinez menegaskan Ronaldo masih punya peran penting di tengah regenerasi Selecao das Quinas. Pengalaman dan keganasannya di kotak penalti, dibutuhkan Martinez untuk memuluskan taktiknya dalam mencetak gol.

Ronaldo memang masih nirgol di Euro 2024. Namun, kemampuan Ronaldo membuka ruang mampu membantu Francisco Conceicao mencetak gol kemenangan atas Ceko, 19 Juni 2024 lalu.

"Cristiano ahli membuka ruang. Ketika Francisco mencetak gol, ruang terbuka karena Cristiano berada di area kotak penalti. Cristiano penting bagi kami, khususnya di area penalti," ucap eks pelatih Timnas Belgia tersebut.

3. Kerja keras dan disiplin yang bikin kualitas Ronaldo awet

Portugal Gak Bakal Parkir Cristiano Ronaldo di Euro 2024Kylian Mbappe mengunggah fotonya dengan Cristiano Ronaldo. (Instagram/@k.mbappe).

Menurut Martinez, konsistensi Ronaldo berasal dari kerja keras dan kedisiplinannya dalam berlatih. Harapnya, para pemain muda Portugal bisa mencontoh etos kerja eks bintang Real Madrid dan Manchester United tersebut.

"Cristiano sangat disiplin dan bekerja keras. Itu yang menjadikannya seorang pembunuh di kotak penalti," kata Martinez.

Selanjutnya, Portugal akan diuji Turki pada matchday kedua Grup F Euro 2-24, Sabtu (22/6/2024) malam WIB. Mampukah Ronaldo membuka keran golnya di turnamen ini?

Baca Juga: Cristiano Ronaldo Ukir Sejarah di Euro 2024

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya