Persija Vs Persib Akhirnya Digelar di Stadion Patriot Bekasi

Stadion Patriot jadi venue duel klasik ini

Jakarta, IDN Times - Bekasi bakal menjadi arena tempur Persija Jakarta kontra Persib Bandung pada pekan 11 Liga 1 musim 2023/24, Sabtu (2/9/2023). Persija memilih Stadion Patriot Candrabhaga, sebagai venue alternatifnya.

Kepastian itu tertuang dalam unggahan media sosial resmi Macan Kemayoran, Selasa (29/8/2023). Persija meminta The Jakmania untuk memadati tribune guna membantu tim asuhan Thomas Doll meraih hasil positif.

Hal ini sekaligus memberikan kepastian terkait jadwal laga yang belakangan sempat dipertanyakan karena bentrok dengan Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN di Jakarta.

1. SUGBK gak bisa dipakai karena KTT ASEAN

Persija Vs Persib Akhirnya Digelar di Stadion Patriot BekasiKoreo Jakmania saat mendukung Persija menghadapi Persebaya di SUGBK. (Dok. Persija).

Persija sebenarnya berencana menggunakan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) dalam laga panas tersebut. Namun, jadwalnya berbenturan dengan KTT ASEAN 2023, yang jatuh pada 5-7 September mendatang.

Kompleks GBK sudah disterilkan sejak beberapa hari yang lalu. Kendaraan bermotor tak bisa sembarang masuk, meski Piala Dunia FIBA 2023 masih bergulir di Indonesia Arena.

Baca Juga: Thomas Doll Minta Persija Pamer Taring Lawan Dewa United

2. Opsinya batal

Persija Vs Persib Akhirnya Digelar di Stadion Patriot BekasiMohamad Prapanca dalam Sesi "Break the Myth in Sports Industries" IMGS 2022 pada Jumat (30/9/2022). (IDN Times/Tata Firza & Reynaldy)

Persija sebelumnya sempat berencana mengubah sejumlah jadwal partai besarnya. Upaya tersebut dilakukan demi bisa tetap berkandang di SUGBK.

Demi memuluskan rencana tersebut, Mohamad Prapanca selaku Presiden Persija sudah melakukan pertemuan dengan Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru, Ferry Paulus dan Direktur Utama PPKGBK, Rakhmadi Afif Kusumo. Namun, opsi tersebut ternyata batal.

"Sudah bertemu sama mas Panca dan Dirut LIB. Kami sampaikan memang GBK ini ada acara yang sudah direncanakan jauh-jauh hari. Big match mau diubah sama Persija. Jadwal untuk Persija sudah kami sampaikan," kata Rakhmadi kepada awak media beberapa waktu lalu.

3. Sempat mau bertukar tuan rumah

Persija Vs Persib Akhirnya Digelar di Stadion Patriot BekasiLogo PT Liga Indonesia Baru di bendera pojok lapangan. (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

Kalau mengubah jadwal, tentu saja menyalahi regulasi. Sebab, Direktur Operasional PT LIB, Asep Saputra, menegaskan klub tidak bisa mengubah jadwal secara mendadak.

Persija harus menggunakan venue alternatif yang sudah didaftarkan, yakni Stadion Patriot Candrabhaga. Pun, andai Patriot tidak bisa digunakan, Macan Kemayoran harus mencari alternatif lainnya.

"Prinsipnya, kami sepakat semua jadwal yang sudah dirilis tidak mengalami perubahan lagi. Perubahan jadwal tidak bisa. Tapi, kalau venue kan ada pendaftaran stadion alternatif lain. Kalau keduanya tidak bisa, harus mencari opsi stadion lain untuk tetap digelar sesuai waktunya," kata Asep kepada IDN Times.

Namun, ada opsi yang bisa digunakan, yakni bertukar status tuan rumah. Persib diperbolehkan menjamu Persija terlebih dahulu, agar di pertemuan kedua bisa berlaga di SUGBK.

"Bertukar bukan ranahnya kami. Jadi klub harus bersepakat untuk bertukar, baru disampaikan ke kami untuk diubah. Jadi kalau gak ada surat itu, ya gak bisa," kata Ferry Paulus saat menjawab rumor pertukaran status tuan rumah beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Thomas Doll Ngambek Usai Persija Keok, sampai Banting Pintu

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya