Persija Resmi Pisah dengan Thomas Doll, Segera Umumkan Suksesor

Persija dan Thomas Doll sepakat akhiri kontrak

Jakarta, IDN Times - Persija Jakarta resmi berpisah dengan pelatih Thomas Doll pada Jumat (14/6/2024). Namun, dalam pernyataannya, Persija belum mengumumkan sosok suksesor juru taktik asal Jerman tersebut.

Perpisahan itu diumumkan Persija di media sosial resminya. Manajemen berterima kasih atas kinerja Doll yang mampu memberikan banyak dampak positif selama dua musim.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Thomas Doll yang telah berjuang bersama Persija dalam dua musim. Semoga karier coach Thomas makin sukses, begitu pun Persija," kata Presiden Persija, Mohamad Prapanca, dalam keterangannya.

1. Sepakat pisah jalan

Persija Resmi Pisah dengan Thomas Doll, Segera Umumkan SuksesorPelatih Persija, Thomas Doll dalam jumpa pers usai kalahkan Persis, Rabu (17/4/2024). (IDN Times/Tino).

Doll sebenarnya masih memiliki kontrak semusim lagi, hingga Juni 2025 mendatang. Namun, manajemen dan Doll sepakat untuk mengakhiri kerja samanya lebih cepat.

Kinerja Doll sebenarnya tak buruk-buruk amat. Pada musim perdananya, eks pelatih Borussia Dortmund itu sukses mengantarkan Persija finis sebagai runner-up 2022/23.

Namun, Doll gagal memberikan yang terbaik pada musim keduanya, 2023/24. Di bawah arahan Doll, Syahrian Abimanyu dan kawan-kawan limbung dan hanya mampu finis di peringkat delapan.

Baca Juga: Janji Anies Bila Maju Pilkada Jakarta 2024, JIS Jadi Rumah Persija

2. Keluarga jadi alasan Doll cabut

Persija Resmi Pisah dengan Thomas Doll, Segera Umumkan SuksesorPotret Thomas Doll saat Persija ditahan imbang Persita di SUGBK, Minggu (3/12/2023). (Dok. Persija).

Sebelum Persija mengumumkan perpisahan ini, Doll sudah menyatakan cabut terlebih dahulu. Pelatih 58 tahun itu memilih pergi karena tak ingin jauh dari keluarga lagi.

"Saya berdiskusi dengan istri dan meluangkan waktu untuk membuat keputusan ini. Jaraknya terlalu jauh, untuk waktu yang lama, itu tidak baik. Anda tida bisa sering bolak-balik dengan anak-anak sekecil itu, kondisi cuacanya juga tidak mudah (buat mereka). Saya ingin melihat anak-anak saya tumbuh," ucap Doll.

3. Segera umumkan suksesor

Persija Resmi Pisah dengan Thomas Doll, Segera Umumkan SuksesorPotret latihan Persija sebelum melawan Persik. (Dok. Persija).

Persija berjanji akan membangun tim yang lebih baik dengan mendatangkan sederet pemain anyar. Namun, sosok suksesor Doll masih menjadi sebuah misteri.

"Saat ini kami tengah bergerak aktif dalam menyusun tim yang lebih baik lagi. Akan ada waktunya kami umumkan sosok pengganti Thomas Doll dan pemain-pemain baru," ujar Prapanca.

Baca Juga: Persija Petik Pelajaran Berharga dari Mini Turnamen di JIS

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya