Olympiakos Angkat Derajat Sepak Bola Yunani di Eropa

Olympiakos juara Conference League musim 2023/24

Jakarta, IDN Times - Olympiakos sukses menjadi kampiun Conference League musim 2023/24 usai membungkam Fiorentina di final dengan skor 1-0, Kamis (30/5/2024) dini hari WIB. Kesuksesan Olympiakos juara ternyata juga mengangkat derajat sepak bola Yunani di Eropa.

Tim berjuluk Thrylos itu menang dengan susah payah, setelah melewati duel alot 120 menit. Kemenangan itu lahir berkat gol tunggal Ayoub El Kaabi dalam tambahan waktu pertama, menit 116.

1. Jadi klub Yunani pertama yang juara di kompetisi Eropa

Olympiakos Angkat Derajat Sepak Bola Yunani di EropaOlympiakos juara Conference League musim 2023/24 usai bungkam Fiorentina, Kamis (30/5/2023). (uefa.com).

Lewat kemenangan ini, Olympiakos menegaskan diri sebagai klub Yunani pertama yang mampu meraih gelar di kompetisi Eropa. Terasa lebih manis, mengingat sejarah itu terukir di Stadion OPAP Arena, Athena, Yunani.

Prestasi terbaik klub Yunani adalah menembus final Piala Champions Eropa yang kini bernama Liga Champions pada 1971 silam. Sayangnya, Panathinaikos gagal menjadi klub Yunani pertama yang menjadi jawara di Eropa karena dibungkam Ajax Amsterdam 0-2.

Baca Juga: Perjalanan Olympiakos Tembus Final UEFA Conference League 2023/2024

2. Klub Yunani harus lebih pede

Olympiakos Angkat Derajat Sepak Bola Yunani di EropaPelatih Olympiakos Jose Luis Mendilibar. (uefa.com).

Pelatih Olympiakos, Jose Luis Mendilibar, meminta klub Yunani untuk lebih percaya diri dalam kiprahnya di Eropa. Mereka tak boleh lagi minder seolah hanya sekadar meramaikan kompetisi.

"Hal baiknya adalah ini bukan hanya tentang memikirkan Olympiakos. Ini soal sepak bola Yunani. Ini akan sangat baik untuk sepak bola Yunani dan masyarakat agar lebih percaya pada dirinya sendiri. Sepak bola Yunani harus lebih percaya pada sepak bolanya!" kata Mendilibar dilansir laman resmi UEFA.

3. Mimpi yang terwujud

Olympiakos Angkat Derajat Sepak Bola Yunani di EropaBek Olympiakos, Panagiotis Retsos. (uefa.com).

Bagi bek Olympiakos, Panagiotis Retsos, kemenangan ini bak mimpi masa kecil yang terwujud. Lebih dari itu, Retsos merasa trofi Conference League sebagai kado manis untuk Olympiakos yang akan genap berusia seabad tahun musim depan.

"Ini adalah perasaan terbaik yang pernah saya alami di sepak bola. Saya mengalami banyak pasang surut dalam karier. Tetapi, saya senang berada di sini. Ini tempat saya dibesarkan. Trofi ini adalah hadiah terbaik untuk diri kami sendiri, untuk semua orang yang terlibat dalam 99 tahun pertama sejarah klub, karena kami akan berusia 100 tahun pada musim depan," ujar Retsos.

Baca Juga: 6 Pemain Kunci Bantu Olympiakos ke Final Conference League 2023/2024

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya