Naturalisasi Calvin Verdonk dan Jens Raven Direstui Komisi X

Verdonk datang, Raven hadir virtual

Intinya Sih...

  • Calvin Verdonk dan Jens Raven mendapat restu naturalisasi WNI dari Komisi X DPR RI.
  • Verdonk hadir langsung, Raven hadir virtual karena sedang bersama Timnas Indonesia U-20 di Turnamen Toulon 2024.
  • Menpora RI dan Sekjen PSSI memaparkan urgensi pemberian kewarganegaraan kepada Verdonk dan Raven untuk meningkatkan kualitas Timnas.

Jakarta, IDN Times - Proses naturalisasi Calvin Verdonk dan Jens Raven sudah memasuki fase akhir. Kedua pemain keturunan Belanda itu kini telah mengantongi restu untuk menyandang status warga negara Indonesia (WNI) dari Komisi X DPR RI, Senin (3/6/2024).

Verdonk hadir secara langsung dalam rapat bersama Komisi X. Sementara, Raven lewat virtual karena sedang bersama Timnas Indonesia U-20 untuk mengikuti Turnamen Toulon 2024. Keduanya juga kompak mengenakan atasan batik.

Menpora RI, Dito Ariotedjo, dan Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi, memaparkan urgensi pemberian kewarganegaraan kepada Verdonk dan Raven. Mereka menyebut, tenaga keduanya dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas Timnas.

"Calvin Verdonk sangat bersemangat untuk membela Timnas Indonesia, negara tempat beberapa anggota keluarganya dilahirkan dan dibesarkan. Jens Raven tipe striker yang tidak dimiliki oleh Timnas Indonesia di level usia manapun," kata Menpora Dito dalam pemaparannya.

Anggota Komisi X sempat mengkritisi kebijakan naturalisasi dari PSSI. Mereka juga melayangkan sejumlah tuntutan demi perbaikan sepak bola tanah air. Namun, pada akhirnya, semua fraksi sepakat untuk memberi restu kepada Verdonk dan Raven.

"Komisi X DPR RI menyetujui rekomendasi kewarganegaraan RI atas nama Calvin Verdonk dan Jens Raven. Dengan catatan, bahwa penetapan kewarganegaraan RI ditetapkan oleh instansi yang berwenang berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan," kata Wakil Ketua Komisi X, Hetifah Sjaifudian, selaku pimpinan rapat, saat membaca kesimpu;an.

Selanjutnya, kedua pemain yang tengah berkarier di Belanda itu akan menghadap ke Komisi III. Andai berjalan sesuai jadwal rapat tersebut akan berlangsung pada pukul 13.00 WIB nanti.

Baca Juga: Calvin Verdonk Sudah Ikut TC Timnas Indonesia

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya