Misi Swiss Susul Jerman ke 16 Besar Euro Ditunda Skotlandia

Sebanyak dua gol Swiss dianulir wasit

Intinya Sih...

  • Misi Swiss ke fase gugur Euro 2024 tertunda setelah imbang 1-1 dengan Skotlandia.
  • Duel super ketat dengan tempo tinggi, gol-gol cantik, dan anulir VAR membuat pertandingan seru.
  • Hasil imbang ini menunda kelolosan Swiss dan menjaga asa Skotlandia untuk lolos ke fase gugur.

Jakarta, IDN Times - Misi Swiss menyusul Jerman ke fase gugur Euro 2024 tertunda. Itu karena mereka ditahan imbang Skotlandia dengan skor 1-1 dalam duel super ketat, pada matchday kedua Grup A, Kamis (20/6/2024) dini hari WIB.

Duel di Cologne Stadium ini begitu seru. Skotlandia dan Swiss bermain dengan tempo tinggi yang menyuguhkan jual-beli serangan hingga 90 menit.

Skotlandia yang tertekan justru membuat kejutan lebih dulu. Lewat skema serangan balik yang cepat, Scott McTominay sukses menjebol gawang kawalan Yann Sommer saat laga baru berusia 13 menit.

Gol tersebut menampar Swiss untuk tampil lebih efektif. Gempuran masif yang dilancarkan tim berjuluk La Nati itu pun akhirnya berbuah manis pada menit 26, lewat gol cantik Xherdan Shaqiri.

Kedudukan yang kembali imbang kian memanaskan jalannya laga. Kedua tim saling melancarkan gempuran, namun mengalami kebuntuan. Mereka kurang klinis di depan gawang, hingga skor 1-1 bertahan hingga jeda.

Pada paruh kedua, Skotlandia dan Swiss kembali bentrok dengan tempo yang tinggi. Mereka juga tampil ngotot, hingga sederet benturan keras tak terhindarkan.

Skotlandia mulai mendominasi laga di pertengahan babak kedua. Andrew Robertson dan kawan-kawan sukses mengurung pertahanan Swiss. Skema umpan silang dan bola mati mereka cukup berbahaya, namun belum mampu menjebol tembok pertahanan lawan.

Asyik menyerang, Skotlandia kecolongan lewat solo run Breel Embolo yang akhirnya mencetak gol di menit 82. Beruntung, gol tersebut dianulir VAR karena posisi Embolo ternyata offside sebelum menerima umpan.

Pada akhirnya, duel super seru ini berakhir antiklimaks. Kedua tim gagal memecah kebuntuan, yang memaksa skor 1-1 bertahan hingga akhir.

Hasil imbang ini menggagalkan misi Swiss untuk menyusul Jerman ke babak 16 besar. Mereka sementara masih ada di posisi dua klasemen Grup A dengan koleksi empat poin. Lalu, Skotlandia menjaga asa ke fase gugur atas hasil ini. Mereka akan menentukan nasibnya di laga pamungkas Grup A melawan Hungaria. Menang, ada kemungkinan Skotlandia lolos ke fase gugur.

Baca Juga: Ketat, Skotlandia dan Swiss Berbalas Gol di Babak I

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya