Misi Shin Tae Yong, Cari Pemain Baru untuk Timnas U-23 dan Senior

Tapi banyak kendala

Jakarta, IDN Times - Pelatih Shin Tae Yong mengaku sedang menjalankan misi baru. Juru taktik asal Korea Selatan itu berencana mengorbitkan pemain anyar di dalam skuad Timnas U-23 Indonesia dan senior.

Hal itu diungkapkan Shin usai menyaksikan langsung laga Dewa United kontra Persis Solo di Stadion Indomilk, pada pekan keenam Liga 1 musim 2023/24, Jumat (4/8/2023).

"Saya memang lagi mencari pemain baru," kata Shin saat ditemui seusai laga.

1. Shin punya kendala

Misi Shin Tae Yong, Cari Pemain Baru untuk Timnas U-23 dan SeniorPelatih kepala timnas Indonesia, Shin Tae Yong (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Misi tersebut membuat Shin sibuk menyaksikan laga Liga 1 secara langsung. Dia hadir ke tribune stadion, demi bisa memantau pemain dengan maksimal.

Hanya saja, Shin mendapat kendala. Eks pelatih Timnas Korea Selatan itu menyebut belum ada pemain baru yang tampil mencolok. Tapi, dia berusaha untuk sabar.

"Sampai saat ini belum ada yang menonjol. Tapi, lama-lama pasti akan ada pemain baru yang menonjol," ujar Shin.

Baca Juga: Jalan Panjang Timnas Indonesia Menuju Piala Dunia 2026

2. Fokus ke Timnas U-23

Misi Shin Tae Yong, Cari Pemain Baru untuk Timnas U-23 dan SeniorPelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong saat memimpin latihan di Lapangan ABC Senayan, Kamis (15/6/2023). (IDN Times/Tino).

Fokus Shin saat ini sedang tertuju ke persiapan Timnas U-23. Maklum, dalam waktu dekat, Garuda Muda akan berpetualang di Piala AFF U-23 2023 pada 17-26 Agustus 2023 mendatang.

Pelatih berusia 52 tahun itu juga sudah mengantongi sederet nama yang bakal dibawa ke Thailand. Mereka akan dipanggil untuk melakoni pemusatan latihan (TC) pada 8 Agustus 2023.

"Rencana TC tanggal 8 Agustus sudah mulai. Persiapan sudah kami lakukan. Pemain juga sudah dipanggil lewat klub. Ya lihat nanti bagaimana kondisinya," kata Shin.

3. Shin cuek meski jadwalnya padat

Misi Shin Tae Yong, Cari Pemain Baru untuk Timnas U-23 dan SeniorPelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong, pantau pemain di laga Persib Bandung versus Bali United (IDN Times / Sandy Firdaus)

Bulan Agustus hingga September menjadi periode sibuknya seorang Shin. Dia akan menahkodai dua timnas, yakni U-23 dan senior karena agendanya yang berdekatan.

Selain Piala AFF U-23, ada Kualifikasi Piala Asia U-23 dan FIFA Matchday melawan Turkmenistan yanga harus dia lakoni.

Shin tak menampik kelelahan dengan jadwalnya yang padat ini. Namun, dia berjanji akan memberikan yang terbaik untuk Indonesia.

"Saya pastinya capek. Tapi, ya tetap akan menjalani dengan baik," ujar Shin.

Baca Juga: Shin Tae Yong Punya 2 Proyek Besar, PSSI Beri Target Tinggi

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya