Mike Dean Bantah Klaim Ten Hag, Gol Garnacho Layak Dianulir!

Posisi Garnacho dinilai offside

Jakarta, IDN Times - Gol Alejandro Garnacho yang dianulir dan nyaris membuat Manchester United menang atas Arsenal, menimbulkan perdebatan. Keputusan wasit menilai offside atau tidak masih dipertanyaka.

Dalam duel akhir pekan lalu, Garnacho hampir membuat Setan Merah berpesta usai mencetak gol menit 89. Saat mental mulai menanjak usai gol itu, kemudian wasit Anthony Taylo meninjau VAR.

Lantas, kejadian tersebut membuat fokus MU buyar. Situasi itu dimanfaatkan Arsenal dan mampu melesatkan dua gol tambahan, untuk mengunci kemenangan dengan skor 3-1.

1. Ten Hag klaim Garnacho onside

Mike Dean Bantah Klaim Ten Hag, Gol Garnacho Layak Dianulir!Analisis Erik ten Hag(youtube.com/Manchester United)

Momen tersebut membuat manajer MU, Erik ten Hag sampai dibuat geleng-geleng kepala. Dia merasa keputusan Anthony Taylor menganulir gol Garnacho adalah sebuah kekeliruan.

Dari pandangannya, Garnacho berada dalam posisi onside ketika Casemiro mengirimkan umpan. Dia berang dan menganggap keputusan itu kontroversial karena VAR menayangkan sudut yang tidak proporsional.

"Kami memerlukan sedikit keberuntungan untuk memenangkan pertandingan. Itu [gol Alejandro Garnacho] tidak offside. Itu merupakan sudut yang salah,” ujar Ten Hag selepas laga.

Baca Juga: Konflik Internal Hantam Manchester United: Ten Hag Vs Sancho

2. Mike Dean bela Anthony Taylor

Mike Dean Bantah Klaim Ten Hag, Gol Garnacho Layak Dianulir!Potret Mike Dean (90min.com)

Eks wasit Premier League yang sekarang jadi ofisial VAR, Mike Dean, ikut meluruskan omongan Ten Hag. Dia membela Taylor yang dianggapnya sudah tepat dalam menganulir gol Garnacho.

Wajar kalau ini jadi perdebatan. Posisi Garnacho begitu tipis dengan Gabriel Magalhaes, selaku pemain terakhir dari Arsenal.

Namun, Dean menyatakan bahwa bahu Garnacho sudah berada di depan Gabriel lebih dulu sebelum Casemiro memberi umpan.

"Itu sangat tipis. Pada pandangan pertama, saya pikir itu memang offside. Bahunya offside, saya merasa keputusan itu sudah tepat," kata Mike Dean dikutip dari Sky Sports.

3. Mike Dean minta Ten Hag tak salahkan teknologi

Mike Dean Bantah Klaim Ten Hag, Gol Garnacho Layak Dianulir!premierleague.com

Mike Dean juga meminta Ten Hag tidak menyalahkan teknologi. VAR hadir untuk membantu wasit dalam memberikan keputusan yang tepat.

"Ketika mereka memasang garis, Anda tidak dapat menyalahkan teknologinya. Mereka memasang garis di tempat yang benar. Mereka tidak akan menempatkannya di tempat yang salah," ujar Dean.

Baca Juga: Erik Ten Hag Sebut 3 Keputusan Wasit yang Rugikan MU

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya