Menpora Desak Persib Mediasi dengan Suporter

Suporter serang steward usai Persib tekuk Persija 2-0

Intinya Sih...

  • Menteri Dito Ariotedjo berharap masalah kerusuhan suporter Persib dan steward bisa diselesaikan dengan baik.
  • Dito meyakini Persib akan mendapat sanksi dari Komite Disiplin PSSI dan berharap sanksi tegas sesuai pelanggarannya.
  • Anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga, menegaskan Persib harus bertanggung jawab dan menyelesaikan masalah dengan suporter secara hukum.

Jakarta, IDN Times - Menpora Dito Ariotedjo ikut bersuara terkait kerusuhan yang terjadi usai Persib Bandung menghajar Persija Jakarta dengan skor 2-0 dalam lanjutan Liga 1 musim 2024/25, Senin (23/9/2024). Dito berharap masalah ini bisa cepat diselesaikan.

Kericuhan itu terjadi tepat setelah laga tuntas. Beberapa oknum suporter Persib memasuki lapangan dan mengejar sejumlah steward yang berjaga di area lapangan.

Insiden ini disinyalir sebagai bentuk balas dendam suporter kepada steward. Sebab, ada suporter yang dibawa steward ke ruang ganti dan berakhir dipukuli oleh pemain kala Persib ditekuk Port FC pada laga perdana AFC Champions League Two (ACL 2), 19 September 2024 lalu.

1. Dito cium aroma perselisihan

Menpora Desak Persib Mediasi dengan SuporterIDN Times/Debbie Sutrisno

Aroma perselisihan itu tercium oleh Dito. Menteri 33 tahun tersebut berharap Persib bisa menggelar mediasi dan menyelesaikan masalahnya secara baik-baik dengan Bobotoh.

"Dari laporan yang saya dapat, bukan antarsuporter. Suporter Persib, beberapa hari terakhir, ada ketidakcocokan dengan pihak klub. Saya berharap Persib bisa mediasi agar ke depannya tidak terjadi hal-hal seperti ini lagi," kata Dito saat ditemui di Kantor Kemenpora, Selasa (24/9/2024).

Baca Juga: Suporter Rusuh Usai Duel Persib vs Persija, PSSI: LIB Harus Usut

2. Harus disanksi sesuai aturan

Menpora Desak Persib Mediasi dengan SuporterMenpora Dito Ariotedjo. (IDN Times/Tino).

Dito meyakini Persib akan mendapat sanksi dari Komite Disiplin PSSI. Namun, Dito berharap federasi bisa menjatuhkan sanksi tegas, sesuai dengan bentuk pelanggarannya.

"Saya yakin, baik PSSI dan liga akan memberikan sanksi sesuai dengan aturannya," ucap Dito.

Baca Juga: Persib Kecam Insiden Penyerangan Steward Usai Laga Kontra Persija  

3. PSSI juga sepakat dengan Dito

Menpora Desak Persib Mediasi dengan SuporterStaf Khusus (Stafsus) Menteri BUMN, Arya Sinulilngga. (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga, juga sudah angkat suara. Sama seperti Dito, Arya menegaskan Persib harus bertanggung jawab. Apalagi, ada indikasi kasus ini bersinggungan dengan hukum.

"Di sisi lain klub (Persib) harus bertanggung jawab juga terhadap kondisi ini, tidak boleh lepas tangan. Jadi kita harapkan klub secepatnya juga menyelesaikan masalah ini, masalah mereka dengan suporter. Ini yang memang masih ranah hukum, ya masuk ranah hukum. Diharapkan kalau ada tindakan kriminal yang harus diselesaikan secara hukum," ujar Arya.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya