Matthew Baker Tolak Panggilan Australia Pilih Timnas U-16

Baker juga dipanggil Australia U-17

Intinya Sih...

  • Matthew Baker dipanggil membela Australia U-17 untuk TC jelang Kualifikasi Piala Asia U-17 2025.
  • Baker bisa berseragam Australia meski membela Timnas Indonesia U-16 karena memiliki paspor negara tersebut.
  • Baker telah memilih Indonesia dan menolak gabung tim asuhan Maloney, direspons oleh Arya Sinulingga.

Jakarta, IDN Times - Pemain keturunan Timnas Indonesia U-16, Matthew Baker, mendapat panggilan untuk membela Australia U-17. Baker dipanggil untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) jelang Kualifikasi Piala Asia U-17 2025.

Pelatih Brad Maloney memanggil 24 pemain termasuk Baker, Rabu (31/7/2024). Mereka juga diproyeksikan untuk melakoni uji coba kontra Kepulauan Solomon dan Vanuatu U-19 pada Agustus 2024 mendatang.

Memang, Baker bisa saja berseragam Australia U-17 meski membela Timnas Indonesia U-16 di Piala AFF U-16 2024. Itu karena Baker memliki paspor negara tersebut.

Terlebih, Baker baru berusia 15 tahun dan belum memilik caps bersama Timnas senior. Kondisi ini juga dialami beberapa pemain keturunan Timnas yang pernah membela Belanda semasa kecilnya.

1. Baker langsung kasih kode

Matthew Baker Tolak Panggilan Australia Pilih Timnas U-16Matthew Baker, pemain Timnas Indonesia U-16 keturunan Indonesia dan Australia (instagram.com/timnas.indonesia)

Pemanggilan itu membuat Instagram resmi federasi sepak bola Australia, @footballaus, ramai. Unggahan daftar pemain yang dipanggil Australia U-17 mendadak dibanjiri komentar warganet Indonesia.

Berita mengejutkan tersebu pun langsung direspons Baker. Lewat Instagram Story-nya, Baker mengunggah fotonya dengan bendera Indonesia saat menghampiri penonton di tribune Stadion Manahan, Solo.

Baca Juga: Profil Matthew Baker, Pemain Diaspora Bermarga Sitorus

2. PSSI tegaskan Baker pilih Indonesia

Matthew Baker Tolak Panggilan Australia Pilih Timnas U-16Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga. (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga, juga sudah angkat suara. Arya menegaskan Baker telah memilih Indonesia dan menolak gabung tim asuhan Maloney.

"Tadi, PSSI sudah berbicara dengan keluarganya. Mereka komitmen bersama kita, Indonesia," kata Arya kepada awak media.

3. Baker ikut TC Timnas U-16

Matthew Baker Tolak Panggilan Australia Pilih Timnas U-16Potret Matthew Baker bersama skuad Timnas U-16. (pssi.org).

Baker juga dipastikan mengikuti TC Timnas Indonesia U-16 di Bali dan Jakarta pada 11 Agustus hingga 15 September 2024 mendatang. Sama seperti Australia U-17, TC tersebut untuk mempersiapkan tim jelang Kualifikasi Piala Asia U-17 2025.

"Dia akan bergabung TC Timnas U-16 di Bali, sesuai dengan undangan yang kami kasih," ucap Arya.

Baca Juga: Timnas U-19 Langsung Jajal Kekuatan Argentina dan Korsel

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya