Liverpool Punya Modal Berharga Buat Juara Premier League

Liverpool mulai matang, mampu segel gelar?

Jakarta, IDN Times - Liverpool mulai bisa percaya diri untuk mengarungi sisa musim Premier League 2023/24. The Reds sudah mengantongi modal berharga, untuk menggenapkan gelar Premier League menjadi 20 biji pada akhir musim nanti.

Manajer Liverpool, Juergen Klopp, menyebut anak-anak asuhnya kini semakin matang di berbagai lini, mulai pertahanan, tengah, maupun depan.

"Sekarang, kami melakukannya dengan lebih baik," kata Klopp dilansir laman resmi Liverpool.

1. Tembok Liverpool paling kokoh

Liverpool Punya Modal Berharga Buat Juara Premier LeaguePotret Juergen Klopp dan Virgil van Dijk usai Liverpool ditahan imbang MU 0-0, Minggu (17/12/2023). (premierleague.com).

Klopp takjub dengan performa lini belakang yang digalang Virgil van Dijk dan kawan-kawan. Mereka berhasil membuat Liverpool menjadi tim paling kokoh di Premier League, setidaknya hingga pekan 19.

Gawang Liverpool menjadi yang paling sedikit kebobolan, yakni 16. Catatan itu lebih sedikit dari pesaing lain yang bertengger di lima besar, karena rata-rata dari mereka sudah kebobolan lebih dari 20.

"Semua orang mengakui cara kami bertahan. Berapa kali kami kecolongan, 16 kan?" ujar Klopp.

Baca Juga: Klopp Siapkan Senjata Baru Buat Liverpool Atasi Absennya Salah

2. Masih ada yang harus dibenahi

Liverpool Punya Modal Berharga Buat Juara Premier LeagueLiverpool ditahan imbang MU 0-0, Minggu (17/12/2023). (premierleague.com).

Fakta tersebut tak serta-merta membuat arsitek asal Jerman itu puas. Masih ada yang perlu dibenahi, mengingat Liverpool acap kecolongan saat kehilangan penguasaan bola.

"Mungkin delapan atau sembilan di antaranya terjadi setelah kami kehilangan bola dan bermain terbuka. Jadi, begitulah yang terjadi. Itu jelas menjadi masalah," ujar Klopp.

3. Serangan balik Liverpool mulai oke

Liverpool Punya Modal Berharga Buat Juara Premier LeagueLiverpool ditahan imbang MU 0-0, Minggu (17/12/2023). (premierleague.com).

Eks pelatih Borussia Dortmund itu juga mengakui serangan balik yang dilancarkan Liverpool makin efektif. Dari skema tersebut, tak jarang pula melahirkan gol.

Sederet faktor ini yang membantu Liverpool memuncaki klasemen sementara, dengan koleksi 42 poin. Mereka berpotensi unggul tiga poin atas Aston Villa andai sukses menekuk Newcastle United pada Selasa (2/1/2024) dini hari WIB.

"Baru-baru ini kami meningkatkan efektivitas serangan balik, yang sangat membantu (untuk mencetak gol). Itu berarti semua lini sudah beraksi, karena sektor tengah juga sudah berkembang," kata Klopp.

Baca Juga: Kenapa Wataru Endo Bak Petarung MMA Saat Bela Liverpool?

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya