Liverpool Juara Community Shield, Klopp Sempurnakan Trofi Domestik!

Berikut lima fakta menariknya!

Jakarta, IDN Times - Liverpool baru saja menjuarai Community Shield 2022 usai gilas Manchester City 3-1, di King Power Stadium, Sabtu (30/7/2022). Dengan begini, pelatih Liverpool, Juergen Klopp sukses sempurnakan trofi domestik.

Ya, laga seru tersaji dalam duel terebut karena tensi langsung tinggi sejak awal kick-off. Trent Alexander Arnold membuka gol untuk Liverpool pada menit ke-21.

ManCity baru bisa menyamakan kedudukan saat pertandingan berusia 70 menit. Hanya saja, gol Mohamed Salah (83') dan Darwin Nunez (90+4') berhasil membauat mereka gigit jari.

Adapun fakta menarik dalam kemenangan yang didapat The Reds kemarin malam. Mau tau? Berikut ulasannya.

Baca Juga: Liverpool Juara Community Shield Usai Gilas ManCity

1. Juergen Klopp Sempurnakan Trofi Domestik

Liverpool Juara Community Shield, Klopp Sempurnakan Trofi Domestik!Liverpool juara Community Shield usai kalahkan ManCity 3-1. (Twitter/@LCFC).

Kemenangan ini begitu spesial bagi Liverpool, khususnya Klopp sendiri. Bagaimana tidak, ini kali pertama The Reds memenangkan Community Shield di era arsitek asal Jerman tersebut.

Penantian eks pelatih Borussia Dortmund itu cukup panjang untuk memenangkan ajang ini. Sebab, dia baru mengangkat trofi Community Shield pada percobaan yang ketiga.

Dua edisi sebelumnya The Reds tumbang lewat drama adu penalti. Seperti edisi 2019 dan 2020, mereka kalah keberuntungan dari ManCity dan Arsenal dengan skor penalti sama (4-5).

Sekarang, trofi domestik Klopp sudah lengkap setelah menyabet gelar Community Shield. Sebelumnya dia sudah emenangkan Premiere League (2019-2020), FA Cup dan EFL Cup (2021-2022).

Baca Juga: Alasan Community Shield Liverpool Vs ManCity Digeser dari Wembley

2. Liverpool piuasa trofi Community Shield 16 tahun

Liverpool Juara Community Shield, Klopp Sempurnakan Trofi Domestik!Liverpool baru juara Community Shield 2022 usai gilas Manchester City 3-1, (Twitter/@LCFC)

Kemenangan ini juga sekaligus memutus penantian panjang The Reds. Bagaimana tidak, trofi Community Shield sudah pergi dari Anfield sejak 2006 lalu.

Kala itu, Liverpool asuhan Rafael Benitez mengunci gelar Community Shield terakhir mereka pada tahun tersebut. Steven Gerrard dan kolega sukses membungkam Chelsea 2-1.

3. Liverpool sukses samai gelar Community Shield milik Arsenal

Liverpool Juara Community Shield, Klopp Sempurnakan Trofi Domestik!Suporter Arsenal kembali bisa menikmati pertandingan di Emirates Stadium. (arsenal.com)

Trofi ini sekaligus menambah jumlah piala Community Shield milik The Reds di Anfield, sekaligus jadi gelar ke-16 pada ajang tersebut. Torehan ini sukses samai Arsenal.

Hanya saja, Liverpool masih kalah jauh dengan musuh bebuyutannya, Manchester United. Koleksi trofi Community Shield The Red Devils jadi yang terbanyak hingga saat ini, yakni 26 buah.

4. Guardiola tambah rapor buruk ketika ketemu Klopp

Liverpool Juara Community Shield, Klopp Sempurnakan Trofi Domestik!potret Jurgen Klopp dan Pep Guardiola (skysports.com)

Fakta menarik lainnya ialah Pep Guardiola yang menambah catatan buruknya ketika ketemu Klopp. Arsitek asal Spanyol itu telah 10 kali menelan malu dari Klopp.

Di sisi lain, Klopp jadi pelatih yang paling sering mengalahkan Guardiola. Ini jadi modal bagus bagi The Reds, untuk melengserkan ManCity di Premiere League 2022-2023.

5. Jordan Henderson lengkapi trofi sebagai kapten Liverpool

Kemenangan ini juga terasa istimewa bagi Jordan Henderson. Dia berhasil menjadi satu-satunya kapten Liverpool dengan trofi terlengkap!

Henderson bergelimang trofi saat mengenakan ban kapten di Anfield. Dia sukses memenangkan Liga Champions, Premiere League, UEFA Super Cup, FIFA Club World Cup, EFL Cup, FA Cup, dan Community Shield.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya