LaLiga Tetapkan Batasan Gaji Klub, Real Madrid Tertinggi

Batasan gaji Madrid hampir dua kali lipat dari Barcelona

Jakarta, IDN Times - LaLiga baru saja menetapkan batasan gaji untuk seluruh klub di Liga Spanyol, baik di divisi pertama dan divisi lainnya, setelah bursa transfer musim panas 2024/25 ditutup. Real Madrid menjadi klub dengan batasan gaji tertinggi.

Batasan gaji ini meliputi pendapatan yang dianggarkan klub masing-masing. Seperti pemasukan klub secara komersial, hingga hak siar pertandingan.

Pengeluaran non-olahraga setiap klub juga menjadi perhitungan dalam batasan gaji ini. Pada dasarnya, batasan ini merujuk pada kemampuan finansial klub.

1. Real Madrid tertinggi, dua kali lipat dari Barcelona

LaLiga Tetapkan Batasan Gaji Klub, Real Madrid TertinggiFederico Valverde (kiri) dan Kylian Mbappe (kanan) berhasil mencetak gol dan membawa Real Madrid juara Piala Super Eropa 2024. (X/@realmadriden)

Setelah ditetapkan pada Kamis, 12 September 2024, Real Madrid menjadi klub dengan batasan gaji paling tinggi, yakni mencapai 755 juta euro, atau setara Rp12,8 triliun. Batasan mereka naik 27 juta euro (Rp460,9 miliar) dari yang ditetapkan sebelumnya pada Februari 2024 lalu.

Jumlah yang ditetapkan kepada Los Blancos ternyata hampir dua kali lebih besar dari sang rival, Barcelona. Blaugrana, hanya mendapat batasan sebesar 426 juta euro, atau senilai Rp7,2 triliun. Angka ini menjadikan Barcelona sebagai klub kedua dengan batasan gaji tertinggi.

Baca Juga: Kylian Mbappe Masih Susah Cetak Gol di Real Madrid

2. Atletico ketiga, Girona naik drastis

LaLiga Tetapkan Batasan Gaji Klub, Real Madrid TertinggiAlexander Sorloth (x.com/Atleti)

Atletico Madrid menjadi klub ketiga dengan batasan gaji klub tertinggi. Batasan mereka mencapai 310 juta euro, setara Rp5,2 triliun. Mereka mendapat kenaikan sebesar 14 juta euro (Rp239 miliar) dari tahun sebelumnya.

Sementara, Girona yang berhasil lolos ke Liga Champions musim ini, mengalami peningkatan yang luar biasa. Mereka memiliki batasan gaji sebesar 94 juta euro atau senilai Rp1,6 triliun. Pada musim sebelumnya, batasan gaji mereka hanya sebesar Rp871,2 miliar.

3. Jumlah total batasan gaji LaLiga 2024/25

LaLiga Tetapkan Batasan Gaji Klub, Real Madrid TertinggiSelebrasi Barcelona usai jebol gawang Real Madrid di pramusim, Minggu (4/8/2024). (fcbarcelona.com).

Secara total, batasan gaji LaLiga mencapai 2,6 miliar euro, setara Rp44,5 triliun. Jumlah tersebut naik 645 juta euro (Rp11 triliun) pada penetapan sebelumnya. Ketimpangan terjadi di divisi kedua, yang hanya mencapai 193 juta euro, setara Rp3,2 triliun.

Sementara, bicara soal transfer pemain di jenda musim panas, LaLiga cukup seimbang. Total pengeluaran seluruh klub mencapai 544 juta euro (Rp9.2 triliun), sementara pemasukannya mencapai 535 juta euro (Rp9,1 triuliun.

Baca Juga: Aturan Ketat Hansi Flick Bikin Barcelona Melesat di LaLiga

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya