Komisi X Sindir Erick Thohir yang Selalu Absen Rapat Naturalisasi

Kedatangan Erick dinanti Komisi X

Intinya Sih...

  • Anggota Komisi X DPR RI menyindir absennya Ketua PSSI Erick Thohir dalam rapat pertimbangan pemberian kewarganegaraan kepada pemain asing.
  • PSSI telah menaturalisasi delapan pemain di era Erick, tetapi prosesnya selalu melalui DPR tanpa kehadiran Erick Thohir.
  • Pemandangan berbeda terlihat saat PSSI dipimpin Mochamad Iriawan, yang sering hadir secara langsung saat meminta restu kepada Komisi X dan Komisi III.

Jakarta, IDN Times - Sejumlah anggota Komisi X DPR RI menyindir Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir yang tak menghadiri rapat pertimbangan pemberian kewarganegaraan kepada Calvin Verdonk dan Jens Raven, Senin (3/6/2024). Erick Thohir tak datang pada rapat tersebut.

Ini bukan kali pertama Erick Thohir absen. Erick tak pernah hadir ketika PSSI dan Kemenpora mengajukan naturalisasi ke Komisi X dan Komisi III.

"Semoga Pak Erick nanti bisa datang ke Komisi X saat mengajukan pemain lagi," kata pimpinan rapat, Wakil Ketua Komisi X Hetifah Sjaifudian saat menutup forum.

Baca Juga: PSSI Bawa Polemik Naturalisasi Maarten Paes ke CAS

1. Siapa saja pemain naturalisasi di era Erick?

Komisi X Sindir Erick Thohir yang Selalu Absen Rapat NaturalisasiPemain Timnas Indonesia foto bersama jelang pertandingan. (instagram.com/jayidzes)

Sebelum mengajukan Verdonk dan Raven, PSSI di era Erick, telah menaturalisasi delapan pemain. Mereka adalah Ivar Jenner, Rafael Struick, Justin Hubner, Jay Idzes, Nathan Tjoe-A-On, Ragnar Oratmangoen, Thom Haye, dan Maarten Paes.

Proses naturalisasi delapan pemain itu dikerjakan berbeda-beda, tetapi seluruhnya melalui DPR. Hanya saja, Erick tidak pernah datang dalam rapat pembahasan dengan Komisi X dan Komisi III.

Hal itu pun dipertanyakan anggota Komisi X, Rano Karno. 

"Ini ketiga kalinya saya ikut rapat tapi tidak pernah bertemu dengan Ketua PSSI di (ruangan) ini," kata Rano Karno.

Baca Juga: Naturalisasi Calvin Verdonk dan Jens Raven Direstui Komisi X

2. Iwan Bule sering hadir

Komisi X Sindir Erick Thohir yang Selalu Absen Rapat NaturalisasiIwan Bule menonton ke GBK. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Pemandangan berbeda terlihat saat PSSI dipimpin Mochamad Iriawan, pada 2019-2023. Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu justru sering hadir secara langsung saat meminta restu kepada Komisi X dan Komisi III.

Seperti saat federasi mengajukan Sandy Walsh, Jordi Amat, dan Shayne Pattynama, pada 2022.

Baca Juga: Menpora: Calvin Verdonk dan Jens Raven Diusahakan Debut vs Filipina

3. Pertama kalinya pemain bersangkutan hadir langsung

Komisi X Sindir Erick Thohir yang Selalu Absen Rapat NaturalisasiNaturalisasi Calvin Verdonk dan Jens Raven Direstui Komisi X DPR (IDN Times/Tino)

Di sisi lain, di era Erick, untuk pertama kalinya pemain yang hendak dinaturalisasi hadir langsung dalam rapat. Seperti Verdonk, yang kebetulan tengah mengikuti pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia jelang melawan Irak dan Filipina, pada 6 serta 11 Juni 2024.

"Ini pertama kalinya pemain bersangkutan (Verdonk) hadir dalam rapat, biasanya tidak pernah," kata anggota Komisi III Fraksi PKB, Mohammad Rano Al Fath.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya