Kevin De Bruyne Sadar Diri Usai Belgia Disingkirkan Prancis

Performa Belgia memang kurang meyakinkan

Jakarta, IDN Times - Belgia harus angkat koper lebih cepat usai keok dari Prancis dengan skor 0-1 di 16 besar Euro 2024, Senin (1/7/2024) malam WIB. Kegagalan ini, menurut Kevin De Bruyne, harus dijadikan bahan intropeksi Red Devils.

De Bruyne pun tak kaget dengan fakta tersebut. Gelandang Manchester City itu bahan merasa Belgia bukan tim favorit juara. Performanya dirasa kurang untuk bersaing merengkuh trofi.

1. De Bruyne sebut Belgia kurang meyakinkan

Kevin De Bruyne Sadar Diri Usai Belgia Disingkirkan PrancisKevin De Bruyne (uefa.com)

Tanda Belgia tak mampu bersaing memperebutkan trofi sudah terlihat sejak laga pembuka. Dalam partai tersebut, Jeremy Doku dan kolega keok dari Slovakia dengan skor tipis 0-1.

"Kami bukan salah satu tim favorit juara. Saya pikir, kami sudah mengecewakan sejak pertandingan melawan Slovakia," kata De Bruyne dilansir laman resmi UEFA.

Baca Juga: Kiprah Belgia di 3 Edisi Terakhir Euro, Berbuah Kegagalan

2. Belgia kurang garang

Kevin De Bruyne Sadar Diri Usai Belgia Disingkirkan PrancisPotret Romelu Lukaku saat Belgia dibungkam Slovakia, Senin (17/6/2024). (uefa/com).

Faktor lain yang membuat Belgia gagal melangkah jauh adalah lini depannya yang ompong. Di fase grup, Romelu Lukaku dan kawan-kawan hanya mampu menceploskan dua gol, seluruhnya dicetak ke gawang Rumania, di laga kedua.

Belgia tak mampu meneruskan hasil positif tersebut, karena ditahan Ukraina tanpa gol di laga pamungkas. Kemudian, rapor jeblok itu berlanjut yang menyebabkan mereka tumbang di tangan Prancis.

"Saya sudah mencoba melakukan semua yang saya bisa. Di laga ini, saya bermain di posisi yang lebih bertahan. Saya mengeluarkan segalanya untuk membantu tim. Sangat disayangkan, saya tidak dapat menyelesaikan peluang yang saya dapat," ujar De Bruyne.

3. Belgia harus berbenah

Kevin De Bruyne Sadar Diri Usai Belgia Disingkirkan PrancisDomenico Tedesco (tengah) kurang memberikan kesempatan kepada para pemain muda. (uefa.com)

Kegagalan ini meninggalkan bahan evaluasi yang menumpuk buat Belgia. Pelatih Domenico Tedesco akan mengevaluasinya, agar Red Devils bisa lebih garang di turnamen berikutnya, seperti Piala Dunia 2026.

"Kami akan menganalisis semuanya dan melihat hasilnya dalam beberapa minggu ke depan," ucap Tedesco.

Baca Juga: 3 Fakta Menarik Usai Prancis Singkirkan Belgia dari Euro 2024

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya