Kaleidoskop 2023: Indonesia Jadi Rumah Piala Dunia

Mulai dari Piala Dunia U-17 hingga FIBA

Jakarta, IDN Times - Sepanjang 2023 terasa sebagai tahun yang istimewa buat olahraga Indonesia. Itu karena Indonesia bak menjadi rumah dari turnamen atau kompetisi kelas dunia sepanjang 2023

Hadirnya berbagai event internasional nan prestisius ini sesuai dengan mandat yang diberikan Presiden Republik Indonesia, Joko 'Jokowi' Widodo. Status sebagai tuan rumah bisa meningkatkan pemasukan daerah, sekaligus memperkenalkan keindahan Indonesia.

Event internasional yang berhasil dibawa ke Indonesia pun hadir dari berbagai cabang olahraga (cabor). Berikut IDN Times rangkum, agar kamu tidak lupa sejarah yang berhasil diukir Indonesia pada tahun ini

1. Piala Dunia U-17 sukses diselenggarakan di empat kota

Kaleidoskop 2023: Indonesia Jadi Rumah Piala DuniaJerman menjadi juara Piala Dunia U-17 2023. (bundesliga.com)

Dari sepak bola, Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17. FIFA menunjuk Indonesia menjadi tuan rumah pada 24 Juni 2023 lalu, menggantikan Peru yang dinilai tidak siap secara infrastruktur. Bisa dibilang, Piala Dunia U-17 merupakan pelipur lara buat Indonesia, karena status tuan rumah di level U-20 akhirnya dicabut dan diberikan kepada Argentina.

Turnamen ini digelar di empat kota, Bandung, Jakarta, Solo, dan Surabaya, pada 10 November hingga 2 Desember 2023 lalu. Sejarah baru tercipta, karena Jerman untuk pertama kalinya keluar sebagai juara.

Namun, suksesnya penyelenggaraan tak dilengkapi dengan prestasi di atas lapangan. Timnas Indonesia U-17 gagal dalam persaingan di Grup A.

Baca Juga: Timnas U-20 Curi Start Demi Bisa Tembus Piala Dunia 2025

2. Piala Dunia FIBA di Jakarta

Kaleidoskop 2023: Indonesia Jadi Rumah Piala DuniaTimnas basket Spanyol (fiba.basketball)

Kemudian, Indonesia juga menjadi tuan rumah Piala Dunia FIBA pada 25 Agustus hingga 10 September 2023 lalu. Pemerintah sampai membangun Indonesia Arena di Kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, untuk menjadi arena tempur turnamen ini.

Indonesia menjadi tuan rumah bersama dengan Filipina dan Jepang. Tupoksi Indonesia hanya menggelar babak penyisihan Grup G dan Grup H.

Grup G berisikan Spanyol, Brasil, Pantai Gading dan Iran. Sementara, Grup H dihuni Kanada, Latvia, Prancis, serta Lebanon.

Piala Dunia FIBA 2023 di Indonesia Arena pun begitu meriah, karena ada 14 pemain NBA yang manggung dalam turnamen ini. Kanada menjadi penyumbang terbanyak, lantaran membawa Shai Gilgeous-Alexander, RJ Barrett, Dillons Brooks, Luguentz Dort, Nickeil Alexander-Walker, Kelly Olynyk, dan Dwight Powell.

Sisanya tersebar di negara lain, seperti Prancis (Nicolas Batum, Evan Fournier, dan Rudy Gobert), Spanyol (Santi Aldama dan Usman Garuba, Brasil (Raul Neto) dan Latvia (Davis Bertans).

3. Piala Dunia Panjat Tebing 2023 Jakarta

Kaleidoskop 2023: Indonesia Jadi Rumah Piala DuniaRaharjati Nursamsa, pemenang Piala Dunia Panjat Tebing 2023. (Dok. Kemenpora)

Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) juga berhasil menggelar Piala Dunia Panjat Tebing 2023 di Lot 6 kawasan GBK, Jakarta, pada 6-7 Mei 2023 lalu. Ini merupakan kali kedua FPTI dipercaya oleh Federasi Internasional Panjat Tebing (IFSC) untuk menggelar event tersebut.

Kala itu, FPTI menurunkan total 22 atlet untuk membela tim Merah Putih. Wakil nomor speed putra Indonesia, Raharjati Nursamsa, sukses naik podium tertinggi usai menumbangkan wakil China, Xinshang Wang, di partai final dengan selisih waktu 0,03 detik.

4. UCI Track Nations Cup 2023 Jakarta

Kaleidoskop 2023: Indonesia Jadi Rumah Piala DuniaAjang UCI Track Nations Cup 2023 di Jakarta International Velodrome (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Indonesia juga menggelar UCI Track Nations Cup 2023 di Jakarta International Velodrome, Rawamangun pada 23-26 Februari 2023 lalu. Perhelatan ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi cabor balap sepeda Indonesia.

Bukan hanya Indonesia yang patut bangga, tapi juga ASEAN. Maklum, salah satu ajang kualifikasi Olimpiade 2024 ini perdana digelar di wilayah Asia Tenggara.

Kala itu, tim pursuit putra Indonesia mencatat prestasi yang cukup membanggakan. Mereka memecahkan rekor catatan waktu nasional, meski gagal menembus babak utama.

Baca Juga: Gagal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Indonesia Kembali Lirik U-17

5. UCI MTB World Championship 2023 di Palangkaraya

Kaleidoskop 2023: Indonesia Jadi Rumah Piala DuniaAjang UCI MTB World Championship 2023. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Masih dari balap sepeda, sederet atlet sepeda dunia juga beraksi di UCI MTB World Championship 2023 yang digelar di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, pada 12 November 2023 lalu.

Wakil Indonesia di nomor women elite, Dara Latifah, pun menyabet prestasi yang membanggakan karena naik podium kedua. Dara meraih medali perak lantaran kalah bersaing dengan wakil Italia, Gaia Tormena.

6. ISSF World Cup 2023 di Jakarta

Kaleidoskop 2023: Indonesia Jadi Rumah Piala DuniaArista Perdana Putri Damoyo/Muhammad Iqbal Raia Probo sukses meraih emas di ISSF World Cup Rifle/Pistol 2023. (ISSF).

Persatuan Menembak Indonesia (Perbakin) juga mendapat kehormatan untuk menggelar ISSF World Cup Rifle/Pistol 2023. Turnamen kelas dunia ini sukses digelar di Lapangan Tembak Senayan, Jakarta, Indonesia pada pada 27 Januari hingga 7 Februari 2023 lalu.

Medali emas berhasil disabet pasangan Arista Perdana Putri Damoyo/Muhammad Iqbal Raia Probowo. Medali tersebut sekaligus membuat Indonesia mengukir sejarah.

Menjadi sejarah baru karena emas tersebut menjadi yang pertama kali disabet Indonesia saat tampil di Piala Dunia Menembak. Kala itu, Arista/Iqbal menumbangkan wakil Korea Selatan, Min Kyung Oh/Mose Kim secara telak, 16-4, di Senayan.

Baca Juga: Arkhan Kaka, dari Pemain Muda Liga 1 ke Piala Dunia U-17

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya