Iran Tolak Nyanyikan Lagu Kebangsaan saat Hadapi Inggris, Protes!

Aksi nyata untuk masyarakat Iran

Jakarta, IDN Times - Pemandangan tak sedap sempat muncul dalam pertandingan Inggris melawan Iran di Grup B Piala Dunia 2022, Senin (21/11/2022) malam WIB. Skuad Iran menolak menyanyikan lagu kebangsaannya sebelum kick-off.

Umumnya, setiap pemain akan dengan bangganya menyanyikan lagu kebangsaan di ajang resmi, terlebih sekelas Piala Dunia. Namun, ketika lagu kebangsaan diputar, tak ada pemain Iran yang bernyanyi. Kenapa?

1. Sebagai bentuk protes

Starting XI Team Melli berdiri tanpa ekspresi. Raut wajah mereka muram ketika lagu kebangsaannya diputar.

Aksi itu ternyata bentuk dukungan bagi pengunjuk rasa di negara mereka. Sebab, Iran tengah diguncang protes nasional lebih dari dua bulan terakhir.

Masalah itu dipicu meninggalnya wanita berusia 22 tahun, Mahsa Amini, dalam tahanan polisi moralitas pada 16 September 2022 lalu. Dia ditahan karena diduga tidak mengikuti aturan dalam berpakaian di Iran.

Baca Juga: Inggris Bantai Iran di Piala Dunia 2022

2. Didukung suporter di tribune

Melansir The Guardian, sikap para pemain mendapat dukungan fans yang hadir di tribune Khalifa International Stadium.

Jika 11 pemain inti Iran memilih diam, mereka justru bersiul keras saat lagu kebangsaan Iran sedang berkumandang. Banner bertuliskan "Woman Life Freedom" sebagai pesan dukungan juga dibentangkan.

3. Sudah direncanakan

Iran Tolak Nyanyikan Lagu Kebangsaan saat Hadapi Inggris, Protes!twitter.com/SidelineScouted

Melansir First Post, para pemain Iran sudah merencanakan hal tersebut. Mereka sepakat setelah mengumpulkan suara apakah akan menyanyikan lagu kebangsaan atau tidak.

"Setiap pemain memiliki sikap yang berbeda. Tentang lagu kebangsaan, itu sesuatu yang harus diputuskan dalam tim, sudah kami bicarakan," kata pemain Iran, Alireza Jahanbakhsh.

Baca Juga: 5 Bintang Utama Timnas Iran di Piala Dunia 2022 Qatar

Topik:

  • Satria Permana
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya