Gilas Filipina, Timnas U-16 Perbesar Kans Lolos Fase Gugur

Timnas U-16 sementara pimpin klasemen Grup A

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia U-16 sukses melanjutkan tren positifnya di ASEAN Boys Championship U-16 2024, Senin (24/6/2024). Berduel di Stadion Manahan, Garuda Muda mampu menggebuk Filipina dengan skor telak, 3-0.

Kemenangan ini membantu Timnas U-16 mengkudeta puncak klasemen Grup A, dengan enam poin dan surplus lima gol. Hasil ini juga memperlebar kans Garuda Muda untuk melaju ke fase gugur.

Timnas U-16 memang tampil apik sepanjang laga. Serangan tim asuhan Nova Arianto terorganisir dengan rapi, namun sempat mentok di sepertiga akhir lapangan pada paruh pertama.

Fandi Ahmad dan kawan-kawan melahirkan banyak peluang, hanya saja penyelesaian akhirnya buruk. Situasi itu membuat mereka harus rela bermain imbang tanpa gol hingga jeda.

Pada paruh kedua, Timnas U-16 tampil lebih tajam. Tempo dan intensitas serangan mereka meninggi, hingga mampu membongkar pertahanan Filipina.

Permainan Timnas U-16 juga lebih atraktif setelah Nova menurunkan Mierza Firjatullah, Daniel Alfrido, dan Nazriel Alfaro Syahdan. Masuknya mereka dari bangku cadangan memberikan warna baru di atas lapangan.

Gol yang dinanti-nanti Timnas U-16 pun akhirnya lahir menit 65. Evandra Florasta sukses menggetarkan gawang Filipina kawalan Rogelio Santos usai memanfaatkan bola liar di depan gawang.

Timnas U-16 benar-benar trengginas setelah Evandra memecahkan kebuntuan. Terlebih, permainan mereka begitu efektif untuk melancarkan gempuran secara masif.

Timnas U-16 hanya butuh enam menit untuk menggandakan keunggulan. Kali ini, giliran Mierza yang mencatatkan namanya di papan skor, usai memanfaatkan umpan terobosan Fadly Alberto Hengga. Tembakan keras mendatarnya tak mampu dibendung kiper lawan.

Mierza menambah derita Filipina jelang peluit panjang dibunyikan. Penyerang Dewa United itu sukses membukukan brace di menit 90+2, sekaligus membantu Timnas U-16 menang 3-0.

Selanjutnya, Timnas U-16 bakal bersua Laos pada laga pamungkas Grup A, 27 Juni 2024 mendatang. Garuda Muda hanya butuh hasil imbang untuk lolos ke fase gugur sebagai juara grup.

Baca Juga: Klausul Baru Pelatih Liga 1, Wajib Lepas Pemain ke Timnas

Topik:

  • Satria Permana
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya