Final Piala Dunia U-17 2023: Stadion Manahan Dipercantik!

Upacara penutupan akan digelar secara sederhana

Jakarta. IDN Times - Stadion Manahan dipercantik jelang final Piala Dunia U-17 2023. Sejumlah ornamen ditambahkan ke stadion berkapasitas 20 ribu penonton itu agar terlihat lebih bagus dan memanjakan mata pencinta sepak bola.

Ornamen itu seperti tanaman hias, yang merupakan permintaan langsung dari FIFA. Tidak ada renovasi khusus, karena perawatan berbagai fasilitas, termasuk area lapangan dieksekusi secara rutin di bawah asistensi FIFA selama turnamen berlangsung.

"Untuk menyambut pertandingan perebutan peringkat ketiga dan final, kami mempercantik Stadion Manahan. FIFA meminta tanaman pot yang banyak," kata Kadispora Kota Solo, Rini Kusumandari dalam keterangannya.

Baca Juga: Pertama Main di Stadion Manahan Solo, Pemain Jerman Mudah Adaptasi

1. Ada closing ceremony, tetapi sederhana

Final Piala Dunia U-17 2023: Stadion Manahan Dipercantik!Suporter Indonesia yang mendukung Timnas Inggris saat berduel melawan Timnas Iran U-17 dalam laga Piala Dunia U-17 2023 di Stadion JIS, Jakarta, Selasa (14/11/2023). (IDN Times/Doni Hermawan)

Final Piala Dunia U-17 2023 dipastikan tanpa closing ceremony spesial. Yang dipersiapkan hanya pemberian trofi atau medali dan sedikit pesta kembang api. Secara regulasi, FIFA memang tak menyarankan karena ini turnamen kelompok umur.

"Closing ceremony hanya sederhana. Ini sudah disampaikan juga oleh PSSI. Kemarin saat bertanya dengan Ratu Tisha (Waketum PSSI), hanya ada awarding atau pemberian piala dan penghargaan. Nanti juga ada pesta kembang api," kata Rini.

Baca Juga: Gagal Melaju ke Final Piala Dunia U-17, Pelatih Argentina Tetap Bangga

2. Tidak ada panggung hiburan

Final Piala Dunia U-17 2023: Stadion Manahan Dipercantik!Pemain Mali usai mendapat kartu merah di laga Spanyol vs Mali di Piala Dunia U17 di Stadion Manahan, Solo. (Dok/LOC WCU17/RKY)

Dengan begitu, para penonton tidak akan mendapat panggung hiburan selayaknya upacara pembukaan. Saat opening ceremony di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, para penonton masih mendapat hiburan dari Wika Salim dan Aurelie Moeremans.

"Tidak ada panggung hiburan, karena FIFA meminta upacara penutupan digelar secara sederhana," ujar Rini.

Baca Juga: Susul Jerman, Prancis ke Final Piala Dunia U-17 2023

3. Kapan partai final berlangsung?

Final Piala Dunia U-17 2023: Stadion Manahan Dipercantik!Jerman bersua Argentina di Piala Dunia U-17 2023. (Dok. LOC Piala Dunia U-17 2023)

Partai final yang mempertemukan Jerman kontra Prancis akan berlangsung pada Sabtu (2/12/2023). Duel ini diprediksi akan berlangsung seru, mengingat performa kedua tim begitu gemilang sejak babak penyisihan grup.

Sehari sebelumnya, Argentina akan berjumpa Mali untuk memperebutkan peringkat ketiga. Duel ini tak kalah seru karena kedua tim pastinya akan tetap mengerahkan segalanya agar tak pulang dengan tangan kosong.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya