Elkan Baggott Tak Masuk Daftar Panggilan Shin Tae Yong

STY juga pastikan tak panggil Stefano Lilipaly

Jakarta, IDN Times - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong memberikan bocoran skuad untuk menghadapi Arab Saudi dan Australia pada September 2024 mendatang. Dalam rangkaian awal fase tiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 tersebut, setidaknya ada dua bintang yang tidak dipanggil Shin.

Mereka yang sudah dipastikan tak dipanggil adalah Elkan Baggott dan Stefano Lilipaly. Memang, keduanya sudah lama tak terlihat dalam daftar pemanggilan pelatih asal Korea Selatan tersebut.

1. Malik Risaldi cedera, Stefano bukan opsi pengganti

Elkan Baggott Tak Masuk Daftar Panggilan Shin Tae YongPesepak bola Borneo FC Stefano Lilipaly (kanan) dihadang kiper Semen Padang Teguh Amiruddin (kiri) pada pertandingan BRI Liga 1 di Stadion STIK, Jakarta, Senin (12/8/2024). Borneo FC menang dengan skor 3-1. ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/aww.

Malik Risaldi yang tampil impresif bersama Madura United pada Liga 1 musim lalu juga tak masuk daftar. Malik sebenarnya masuk dalam rencana Shin, namun sang pemain tengah cedera.

Lilipaly yang juga tampil gemilang bersama Borneo FC bisa saja menjadi opsi untuk menggantikan Malik. Hanya saja, torehan 11 gol dan 17 assist yang diceploskan pemain keturunan Belanda tersebut pada musim lalu ternyata belum mencuri hati Shin.

"Tidak ada Elkan. Kali ini Malik tidak akan dipilih, memang sudah direncanakan, tetapi ada cedera, robek di bagian betis, sekarang dia tidak bisa latihan," kata Shin Tae Yong, di Stadion Madya, Jumat (16/8/2024).

"No," timpal Shin ketika disinggung Lilipaly sebagai opsi Malik Risaldi. 

Baca Juga: Jordy Wehrmann Ternyata Hampir Gabung Timnas Indonesia

2. STY pantau laga Liga 1

Untuk meracik komposisi pemain, Shin tengah memantau laga Liga 1. Duel Malut United kontra Persebaya Surabaya di Stadion Madya, pada Jumat, 16 Agustus 2024 menjadi salah satu laga yang ditonton Shin secara langsung.

Hanya saja, Shin mengaku tidak bisa memantau pemain dalam satu pertandingan. Arsitek 53 tahun masih butuh memantau pemain secara langsung untuk menentukan layak atau tidaknya dipanggil ke Timnas Indonesia.

"Tidak bisa dengan melihat satu pertandingan untuk menentukan pemain. Memilih pemain Timnas itu tidak gampang. Harus melihat dua atau tiga pertandingan. Mungkin saya akan nonton satu sampai dua pertandingan lagi sebelum menentukan pemain-pemain yang akan diberangkatkan," ujar Shin.

3. Jadwal lawan Arab Saudi dan Australia

Elkan Baggott Tak Masuk Daftar Panggilan Shin Tae YongKorea Ultras Garuda saat mendukung Timnas Indonesia vs Irak di SUGBK, 6 Juni 2024. (IDN Times/Naufal Fatahillah).

Arab Saudi akan menjadi ujian perdana skuad Garuda di Kualifikasi Piala Dunia 2026. Duel tersebut akan dihelat di King Abdullah Sport City, Jeddah pada 6 September 2024.

Kemudian, Timnas Indonesia dijadwalkan menjamu Australia empat hari setelahnya. Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) bakal menjadi arena tempur dalam bentrokan tersebut.

Baca Juga: SUGBK Gak Siap Gelar Timnas vs Australia?

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya