Demi Timnas Senior, Kualifikasi Piala Dunia U-20 2025 Batal di SUGBK

Lokasi bergeser ke Stadion Madya

Intinya Sih...

  • PSSI batal gunakan SUGBK sebagai arena Grup F Kualifikasi Piala Dunia U-20 2025, alihkan ke Stadion Madya karena pemeliharaan rumput.
  • PPKGBK kirim surat kepada PSSI untuk alihkan agenda ke Stadion Madya Senayan, agar pemeliharaan rumput dapat berjalan lancar.
  • SUGBK akan digunakan sebagai kandang Timnas senior saat menjamu Jepang dan Arab Saudi pada November 2024, sehingga perlu pemeliharaan besar.

Jakarta, IDN Times - PSSI batal menggunakan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) sebagai arena tempur Grup F Kualifikasi Piala Dunia U-20 2025. PSSI harus mengalihkan ke stadion lain, karena kepentingan Timnas senior.

Langkah tersebut terpaksa diambil setelah Pihak Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno (PPKGBK) mengirimkan surat bernomor B-55/PPKGBK/Dir.PPU/09/2024. Dalam suratnya, pihak pengelola menerangkan rumput SUGBK harus melakukan pemeliharaan.

1. Dialihkan ke Stadion Madya

Demi Timnas Senior, Kualifikasi Piala Dunia U-20 2025 Batal di SUGBKSelebrasi Timnas U-19. (Dok. PSSI).

PPKGBK dan PSSI pun sepakat untuk menjadikan Stadion Madya, Senayan sebagai pengganti SUGBK. Jadwalnya tidak berubah, yakni pada 25-29 September 2024.

"Sehubungan dengan hal tersebut di atas, kami mohon dukungan PSSI agar pemeliharaan ini dapat berjalan dengan lancar dan agenda yang rencananya akan diselenggarakan di SUGBK pada periode waktu tersebut dapat dialihkan ke Stadion Madya Senayan," tulis surat dari PPKGBK kepada PSSI.

Baca Juga: Shin Tae Yong Pantau Pemain Timnas saat Persib Ditekuk Port FC

2. Demi Timnas senior

Demi Timnas Senior, Kualifikasi Piala Dunia U-20 2025 Batal di SUGBKPotret duel Timnas Indonesia vs Australia yang berakhir 0-0 di SUGBK, Selasa (10/9/2024). (IDN Times/Tata)

Pemeliharan ini, menurut PPKGBK, untuk menjaga kualitas rumput lapangan jelang dipakai Timnas senior bertempur. Mengingat, SUGBK bakal digunakan sebagai kandang Timnas saat menjamu Jepang dang Arab Saudi pada lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026, November 2024 mendatang.

"Kami sampaikan lapangan (FOP) Stadion Utama GBK akan dilakukan lanjutan tahapan pada pemeliharaan besar guna menyambut Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada bulan November 2024," masih tulisan dalam surat tersebut.

3. Menanti skuad final Timnas U-20

Demi Timnas Senior, Kualifikasi Piala Dunia U-20 2025 Batal di SUGBKKadek Arel, bek Timnas U-19. (Dok. PSSI)

Timnas U-20 tergabung bersama Yaman, Maladewa dan Timor Leste di Grup F Kualifikasi Piala Dunia U-20 2025. Pelatih Indra Sjafri pun sudah memanggil 30 pemain.

Beberapa andalannya dipanggil, termasuk Jens Raven, Dony Tri Pamungkas, hingga Welber Jardim. Namun, Indra hanya akan membawa 23 pemain dalam skuad final, yang rencananya diumumkan paling lambat pada Jumat (20/9/2024).

"Kami akan mengirimkan 23 nama untuk didaftarkan untuk bermain di Jakarta, paling lambat antara 19 atau 20 September," kata Indra.

Baca Juga: Ketika Anggota DPR Tak Bangga dengan Timnas Indonesia Kini

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya