David Raya Jadi Tembok Kokoh Baru Arsenal

Posisi Ramsdale terancam?

Jakarta, IDN Times - David Raya akhirnya mengukir debut sekaligus membantu Arsenal menang atas Everton dengan skor 1-0, Minggu (17/9/2023), di Goodison Park. Aksinya saat melakoni debut begitu impresif dan membuat manajer Arsenal, Mikel Arteta, semringah.

Secara statistik, Raya memang cukup impresif. Berperan sebagai sweeper-keeper, Raya berhasil menorehkan 45 sentuhan. Sebanyak tujuh dari sembilan umpan panjangnya sukses menemui sasaran. Pun, Raya mampu membuat satu penyelamatan dan sebiji sapuan penting untuk menyelamatkan gawang The Gunners.

1. Arteta akui kualitas David Raya

David Raya Jadi Tembok Kokoh Baru ArsenalPotret manajer Arsenal, Mikel Arteta usai membekuk Everton 1-0 di Goodison Park, Minggu (17/9/2023). (premierleague).

Performa apiknya membuat Raya disanjung Arteta. Manajer asal Spanyol itu tak ragu dengan kualitasnya. Raya punya potensi untuk menjadi kiper utama The Gunners.

"David punya kualitas yang hebat seperti Aaron dan Karl (Hein). Kami beradaptasi dengan kualitas para pemain," kata Arteta dilansir situs resmi Arsenal.

Baca Juga: Kai Havertz Masih Loyo, Kena Cibir Fans Arsenal

2. Arteta sempat punya penyesalan

David Raya Jadi Tembok Kokoh Baru ArsenalSelebrasi pemain Arsenal usai membobol gawang Everton, Minggu (17/9/2023). (premierleague).

Arteta ternyata juga memiliki alasan khusus dalam pilihannya memilih Raya ketimbang Ramsdale. Dia pernah menyesal, karena tak memiliki keberanian mengganti kiper di tengah pertandingan.

"Saya manajer muda dan punya sedikit penyesalan. Dalam dua kejadian berbeda, saya merasa butuh mengganti kiper. Tapi, saya tidak punya keberanian. Anda punya kiper lain yang berkualitas, jika ingin melakukan sesuatu untuk mengubah momentum, ya lakukan!" kata Arteta.

3. Posisi Ramsdale terancam?

David Raya Jadi Tembok Kokoh Baru ArsenalKiper Arsenal, Aaron Ramsdale, ditendang punggungnya oleh fan Tottenham Hotspur (Daily Mirror)

Debut impresif Raya bisa saja mengancam posisi Ramsdale sebagai kiper utama. Sebab, dalam empat penampilannya bersama Arsenal di Premier League musim ini, Ramsdale hanya mampu mencatat satu clean sheet.

Tentu, menjadi menarik siapa kiper yang akan diturunkan Arteta kala Arsenal bersua PSV Eindhoven di Emirates Stadium dalam laga perdana penyisihan Grup B Liga Champions, Kamis (21/9/2023) dini hari WIB.

Baca Juga: 5 Rekrutan Mahal Arsenal yang Dilepas Gratis, Pepe Hengkang!

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya