Calvin Verdonk Sudah Ikut TC Timnas Indonesia

Verdonk dan Arhan gabung latihan

Intinya Sih...

  • Calvin Verdonk mengikuti TC Timnas Indonesia, tapi kepastiannya tampil di dua laga sisa Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 masih abu-abu karena proses naturalisasi belum rampung.
  • Surat presiden terkait permohonan pertimbangan pemberian kewarganegaraan untuk Verdonk sudah diterima DPR, namun waktu yang mepet membuat kansnya tampil begitu tipis.
  • Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Dito Ariotedjo, berusaha agar Verdonk bisa tampil setidaknya di laga terakhir melawan Filipina; Pratama Arhan juga telah bergabung dalam TC.

Jakarta, IDN Times - Calvin Verdonk sudah mengikuti pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia jelang melakoni dua laga sisa Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026, Jumat (31/5/2024). Namun, kepastiannya tampil melawan Irak dan Filipina pada 6 serta 11 Juni 2024 masih menjadi tanda tanya.

Itu karena proses naturalisasi Verdonk belum rampung. Pemain keturunan Belanda tersebut juga tidak yakin bisa membela Timnas saat melakoni dua laga penting di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) tersebut.

"Tidak tahu, tapi coba kita lihat nanti," kata Verdonk selepas latihan.

1. Verdonk belum dapat restu DPR

Calvin Verdonk Sudah Ikut TC Timnas IndonesiaCalvin Verdonk sudah hadir di latihan Timnas Indonesia, Jumat (31/5/2024). (IDN Times/Tino).

Surat presiden (Surpres) terkait permohonan pertimbangan pemberian kewarganegaraan untuk Verdonk sudah diterima DPR sejak 17 Mei 2024. Namun, keduanya baru akan meminta restu Komisi III dan Komisi X pada Senin (3/6/2024).

Melihat waktu yang mepet ini, kans Verdonk tampil begitu tipis. Mengingat, Verdonk harus menunggu keputusan presiden (Keppres) untuk mengambil sumpah. Lebih dari itu, PSSI juga perlu mengurus perpindahan federasinya.

Baca Juga: DPR Terima Surpres Calvin Verdonk, Bisa Main Lawan Irak?

2. Diupayakan bisa tampil

Calvin Verdonk Sudah Ikut TC Timnas Indonesiafoto Calvin Verdonk saat menghadapi Ajax Amsterdam (instagram.com/c.verdonk)

Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Dito Ariotedjo, sudah angkat suara terkait nasib Verdonk. Dito menyebut, pemerintah dan federasi akan mengupayakan agar bek NEC Nijmegen itu bisa tampil, setidaknya di laga terakhir.

"Kami usahakan, minimal bisa main lawan Filipina. Sekarang, kami lagi fokus percepatan," ujar Dito, Rabu (29/5/2024).

3. Pratama Arhan juga sudah gabung

Calvin Verdonk Sudah Ikut TC Timnas IndonesiaWitan Sulaeman dan Pratama Arhan masuk skuad Timnas Indonesia U-23 untuk Piala Asia U-23 2024. (Dok. PSSI).

Selain Verdonk, Pratama Arhan juga sudah bergabung dalam TC. Arhan bisa datang lebih cepat, setelah mendapat kartu merah langsung dalam laga debutnya bersama Suwon FC, 26 Mei 2024 lalu.

Kini, Timnas masih menunggu tiga pemain lain. Mereka yang belum datang adalah Jay Idzes, Justin Hubner, dan Jordi Amat.

Baca Juga: Gagal Bela Timnas U-16 karena Sakit, Miroslav Fernando Fokus di Eropa

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya