Belanda Gak Boleh Besar Kepala Lawan Rumania

Rumania punya catatan lebih baik dari Belanda di Ero 2024

Jakarta, IDN Times - Belanda patut waspada saat meladeni Rumania pada babak 16 besar Euro 2024, Selasa (2/7/2024) malam WIB. Berduel di Allianz Arena, Virgil van Dijk dan kawan-kawan bisa saja dikejutkan si kuda hitam.

Menilik komposisi skuad, De Oranje yang bertabur bintang tentu saja lebih diunggulkan. Namun, catatan Rumania yang lebih baik dari di fase grup bak alarm bahaya buat Belanda.

1. Hati-hati Belanda, Rumania tim yang tangguh

Belanda Gak Boleh Besar Kepala Lawan RumaniaSelebrasi Rumania usai lolos ke babak 16 besar Euro 2024. (uefa.com)

Fakta Rumania sebagai juara Grup E membuktikan mereka tim yang tangguh. Produktivitas mereka bahkan paling tinggi dengan empat gol, mengalahkan catatan milik Belgia.

Sementara, Belanda hanya lolos via jalur peringkat tiga terbaik. Mereka kalah saing dengan Austria dan Prancis di posisi teratas Grup D. Menariknya, jumlah kebobolan Belanda (4) lebih banyak dari Rumania (3).

Baca Juga: Misi Rumania Singkirkan Belanda demi Ulangi Sejarah 

2. Belanda sadar harus lebih sempurna

Belanda Gak Boleh Besar Kepala Lawan RumaniaDonyell Malen (uefa.com)

Ancaman Rumania pun disadari betul oleh pelatih Ronald Koemann. Eks juru taktik Barcelona itu meminta De Oranje tampil lebih sempurna, demi meredam kejutan Tricolorii.

"Kami akan menghadapi Rumania dengan sangat serius. Kami harus lebih baik dari pertandingan terakhir (kalah dari Austria)," kata Koemann dilansir laman resmi UEFA.

Belanda akan tetap dengan pendekatannya, yakni total football. Namun, Koemann memperingatkan kepada Cody Gakpo dan kolega untuk tidak melakukan blunder.

Kesalahan kecil bisa dimanfaatkan Rumania untuk melancarkan serangan balik cepat. Faktor ini yang membuat Belanda keok dari Austria dengan skor 2-3 di laga pamungkas Grup D.

"Mereka bermain dengan sangat kompak. Biasanya, kami akan menguasai bola lebih banyak. Tetapi, itu juga bisa berbahaya karena mereka akan menunggu kami kehilangan penguasaan bola; kemudian mereka dapat menyakiti kami (lewat serangan balik). Jadi, kami harus bermain dengan baik dalam semua aspek permainan," ujar Koemann.

3. Rumania sudah siapkan kejutan

Belanda Gak Boleh Besar Kepala Lawan RumaniaPara pemain Rumania merayakan gol ke gawang Ukraina pada matchday 1 Grup E Euro 2024. (uefa.com)

Pelatih Rumania, Edward Lordanescu pun sudah melancarkan perang urat syaraf. Lordanescu menyatakan sudah memiliki rencana jahat untuk menyakiti De Oranje.

"Yang penting adalah kami tampil tangguh, disiplin, terorganisir dan lugas. Maka, akan ada hal-hal yang menguntungkan kami," ucap Lordanescu.

Baca Juga: Belanda vs Rumania: Ancaman Kuda Hitam Belum Usai

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya