ASBWI Cup U-15 Rampung, Lahirkan Bibit Timnas Wanita Indonesia

Kompetisi berskala nasional

Jakarta, IDN Times - Asosiasi Sepak Bola Wanita Indonesia (ASBWI) tuntas menggelar kompetisi U-15 berskala nasional, Minggu (20/8/2023). Putri Tangsel keluar menjadi kampiun usai mengalahkan wakil Kalimantan Selatan, UPP Kintap FC.

Ajang bertajuk ASBWI Cup U-15 2023 tersebut menjadi kompetisi pertama yang digelar ASBWI pada tahun ini. Harapnya, ASBWI Cup U-15 bisa melahirkan bibit pemain Timnas Wanita Indonesia.

1. Dipantau langsung asisten pelatih Timnas Wanita

ASBWI Cup U-15 Rampung, Lahirkan Bibit Timnas Wanita IndonesiaTimnas Wanita Indonesia. (pssi.org)

ASBWI turut melibatkan asisten pelatih Timnas Wanita Indonesia, Yopie Riwoe. Dia hadir memantau bibit potensial untuk memperkuat Garuda Pertiwi di kelompok umur.

"Ada talent scout-nya, Coach Yopie. Dia asisten pelatih timnas putri, jadi bisa menambah bank data juga. Kalau menurut beliau ada yang berkualitas, kan bisa dipertimbangkan ke timnas," kata Sekjen ASBWI, Souraiya Farina dalam keterangannya.

Baca Juga: PSSI Gandeng Swasta untuk Pembinaan Sepak Bola Wanita

2. Ada satu pemain yang mencolok

ASBWI Cup U-15 Rampung, Lahirkan Bibit Timnas Wanita IndonesiaNasywa Zetira Rambe. (Dok. ASBWI).

Penggawa Putri Tangsel, Nasywa Zetira Rambe menjadi salah satu pemain yang punya kualitas mencolok. Dia dinobatkan sebagai top skorer dan pemain terbaik di ASBWI Cup U-15.

"Yang pastinya senang dan bangga sekali. Trofi ini buat menambah semangat latihan," kata Nasywa.

3. Lanjut ke kompetisi U-17

ASBWI Cup U-15 Rampung, Lahirkan Bibit Timnas Wanita IndonesiaSekjen ASBWI, Souraiya Farina. (Dok. ASBWI).

Setelah ini, ASBWI berencana untuk menggulirkan kompetisi U-17 dengan skala nasional. Rangkaiannya sudah berjalan lewat putaran regional yang digelar di setiap provinsi.

"Masing-masing provinsi sudah menggelar putaran regional. Setelah ini akan diumumkan untuk putaran nasional kejuaraan U-17. Levelnya sudah setara dengan kompetisi dan telah disinkronisasikan dengan PSSI," ujar Farina.

Baca Juga: Misogini dan Seksisme Masih Menghantui Perempuan dalam Sepak Bola

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya