Alasan Persis Akhirnya Lepas Sananta Gabung Timnas U-24 di Asian Games

Bukan takut sanksi

Jakarta, IDN Times - Persis Solo akhirnya melepas Ramadhan Sananta ke Timnas Indonesia U-24 yang tengah berpetualang di Asian Games 2022. Manajemen Persis juga angkat suara terkait alasan memberi restu kepada Sananta.

Persis membantah melepas Sananta demi menghindari sanksi dari PSSI. Laskar Sambernyawa murni ingin membantu Timnas U-24, yang berhasil melangkahkan kaki ke babak 16 besar.

"Sikap Persis melepas Sananta bukan karena didasari motif untuk terhindar dari hukuman seperti narasi tak berdasar yang disampaikan oleh pengamat di media, beberapa waktu lalu," bunyi pernyataan Persis di laman resminya.

Baca Juga: Ramadhan Sananta Susul Timnas U-24 ke Asian Games 2022

1. Timnas U-24 butuh Sananta

Alasan Persis Akhirnya Lepas Sananta Gabung Timnas U-24 di Asian GamesRamadhan Sananta (instagram.com/timnas.indonesia)

Persis merasa, Timnas U-24 lebih membutuhkan kehadiran Sananta. Memang, menilik performa tim asuhan Indra Sjafri, produktivitas Garuda Muda di fase grup begitu minim.

Mereka hanya mampu menceploskan dua gol dari tiga laga di Grup F. Rapornya juga kurang bagus, yakni satu kemenangan dan dua kali keok.

Hal tersebut yang mendasari Persis memberi restu kepada Sananta. Dia bakal bertolak ke Hangzhou, China pada Senin (25/9/2023) malam.

"Berdasarkan performa tim di babak penyisihan grup Asian Games, Timnas sedang membutuhkan Sananta," tulis Persis.

Baca Juga: PSIS Semarang Kena Semprit Lagi, Suporter Hadir di Laga Lawan Persis

2. Tanpa Sananta, Persis tetap optimistis

Alasan Persis Akhirnya Lepas Sananta Gabung Timnas U-24 di Asian GamesSelebrasi penggawa Persis usai bobol gawang Bali United, Sabtu (19/8/2023). (IDN Times/Tino).

Optimisme Persis tak luntur meski kehilangan Sananta di barisan depan. Tim asuhan Leonardo Medina Arellano membidik tiga poin saat menjamu Persija Jakarta di Stadion Manahan, 30 September 2023.

"Bagi Persis, melepas Sananta ke timnas bukan berarti melepas target tiga angka pada laga selanjutnya kontra Persija. Kami berharap, keputusan ini akan menjadi lecutan motivasi bagi klub, suporter, dan masyarakat Solo. Semoga keputusan ini menjadi yang terbaik bagi semua pihak," tulis Persis.

Baca Juga: Moncer di SEA Games, Ramadhan Sananta Bidik Piala AFF U-23

3. Persis sempat ingkari kesepakatan

Alasan Persis Akhirnya Lepas Sananta Gabung Timnas U-24 di Asian GamesPelatih Timnas U-24, Indra Sjafri. (Dok. PSSI).

Sebelumnya, Persis menahan Sananta dan sudah menjelaskan urgensinya. Mereka membutuhkan striker yang diboyong dari PSM Makassar itu, karena lini depan Laskar Sambernyawa tengah krisis.

Namun, keputusan ini membuat Persis mengingkari kesepakatannya dengan pelatih Timnas U-24, Indra Sjafri. Sebab, diklaim Indra, mereka sudah memberi restu bahwa Sananta akan dilepas setelah melawan PSIS Semarang, 16 September 2023.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya