3 Fakta Menarik Usai Prancis Singkirkan Belgia dari Euro 2024

Sejarah baru Kante dengan Prancis dan penurunan Belgia

Jakarta, IDN Times - Prancis sukses mengamankan tempat di perempat final Euro 2024. Itu setelah Les Bleus menggebuk Belgia dengan skor tipis 1-0 di Duesseldorf Arena, Jerman, Senin (1/7/2024) malam WIB.

Kemenangan itu diraih Prancis dengan susah payah. Beruntung, tembakan keras Randal Kolo Muani memaksa Jan Vertonghen melakukan gol bunuh diri pada menit 85. Sementara, Belgia gagal memecah kebuntuan karena minim mendapat peluang.

Keberhasilan Prancis lolos perempat final ternyata melahirkan sejumlah fakta menarik. Dilansir Squawka dan sumber lain, berikut IDN Times ulas untuk pembaca.

1. N'Golo Kante jadi jimat Prancis

3 Fakta Menarik Usai Prancis Singkirkan Belgia dari Euro 2024N'Golo Kante (x.com/equipedefrance)

Kehadiran N'Golo Kante di atas lapangan ternyata kembali menghadirkan magis tersendiri. Bisa dibilang, Kante saat ini menjadi jimat Prancis. Betapa tidak, Les Bleus tidak pernah kalah dalam 19 laga turnamen besar ketika gelandang 33 tahun itu beraksi.

Perinciannya adalah 12 kemenangan. Sisanya imbang. Prancis mungkin akan terus mengandalkannya untuk meraih kemenangan.

Baca Juga: Gol Bunuh Diri Jan Vertonghen Bantu Prancis Ungguli Belgia

2. Pertama kalinya ke perempat final setelah terkena kutukan juara

3 Fakta Menarik Usai Prancis Singkirkan Belgia dari Euro 2024Timnas Prancis di Euro 2024 (uefa.com)

Ini kali pertama Prancis melaju ke perempat final Euro setelah menjadi juara pada 2016 lalu. Kutukan juara bertahan Euro menimpa Antoine Griezmann dan kawan-kawan pada 2020. Ada sebuah tren negatif yang memang menyelimuti juara bertahan di turnamen bergengsi antarnegara Eropa ini.

Itu terbukti dalam tiga edisi terakhir. Italia saja dipulangkan Swiss pada babak 16 besar Euro 2024. Padahal, mereka juara bertahan. Italia juara Euro 2020.

3. Generasi emas Belgia yang mulai memudar

3 Fakta Menarik Usai Prancis Singkirkan Belgia dari Euro 2024Kevin De Bruyne (uefa.com)

Sementara, kekalahan dari Prancis menjadi pukulan telak buat Belgia. Generasi emas mereka terasa kian memudar. Apalagi, sejumlah pemain sudah tidak masuk skuad.

Tim berjuluk Red Devils itu gagal menembus perempat final di dua turnamen besar. Kegagalan sebelumnya dirasakan Belgia di Piala Dunia 2022. Mereka tidak lolos fase gugur.

Belgia resmi tersingkir di Euro 2024. Prancis ke perempat final. Prancis menunggu lawan antara Portugal dan Slovenia.

Baca Juga: Prancis ke Perempat Final Usai Susah Payah Tekuk Belgia

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya