3 Fakta Menarik Usai Inggris Dibikin Frustrasi Slovenia

Berakhir antiklimaks tanpa gol

Intinya Sih...

  • Inggris bermain imbang tanpa gol dengan Slovenia, tetapi tetap lolos ke babak 16 besar sebagai juara grup.
  • Jordan Pickford mencatat clean sheet terbanyak di turnamen besar bersama Inggris, dengan total 16 clean sheet.
  • Slovenia melaju ke fase gugur via jalur peringkat tiga terbaik, berhasil lolos untuk pertama kalinya di turnamen besar.

Jakarta, IDN Times - Inggris harus rela bermain imbang tanpa gol dengan Slovenia pada laga pamungkas Grup C Euro 2024, Rabu (26/6/2024) dini hari WIB. Namun, hasil ini tetap mengantarkan Inggris ke babak 16 besar.

Inggris melaju ke fase gugur dengan status juara grup. The Three Lions terbantu karena Denmark yang membuntuti di peringkat kedua juga ditahan Serbia 0-0, pada waktu yang bersamaan.

Duel Inggris kontra Slovenia yang berakhir antiklimaks ini ternyata melahirkan sejumlah fakta menarik. Dilansir Squawka dan beberapa sumber lain, berikut IDN Times ulas buat kamu.

1. Jordan Pickford bikin sejarah

3 Fakta Menarik Usai Inggris Dibikin Frustrasi SloveniaJordan Pickford (twitter.com/England)

Tak kebobolan, kiper Jordan Pickford mengukir sejarah baru bersama Inggris. Pickford menasbihkan diri sebagai kiper Inggris dengan catatan clean sheet terbanyak di turnamen besar.

Menilik Transfermarkt, Pickford sudah mengukir 16 clean sheet saat mengawal gawang Inggris. Rinciannya adalah empat clean sheet di Piala Dunia, tujuh Euro, dan lima UEFA Nations League. Secara keseluruhan, kiper Everton itu sudah mengukir 31 clean sheet dalam 64 laga saat mengawal gawang Inggris di seluruh laga.

Baca Juga: Babak 16 Besar Euro 2024: Jerman Jumpa Denmark

2. Slovenia bikin sejarah di Euro 2024

3 Fakta Menarik Usai Inggris Dibikin Frustrasi SloveniaSelebrasi pemain Slovenia usai lolos babak 16 besar Euro 2024. (uefa.com).

Hasil imbang ini juga mengantarkan Slovenia melaju ke fase gugur via jalur peringkat tiga terbaik. Posisi mereka sudah aman, meski hanya meraup tiga poin.

Meski hanya lewat jalur peringkat tiga terbaik, keberhasilan ini tetap terasa membanggakan buat Slovenia. Mengingat, ini kali pertama mereka mampu lolos fase gugur di turnamen besar.

3. Grup C paling seret gol

3 Fakta Menarik Usai Inggris Dibikin Frustrasi SloveniaTimnas Inggris di Euro 2024 (X.com/England)

Sejauh ini, Grup C menjadi yang paling lesu. Dari enam pertandingan yang tersaji di Grup C, hanya ada tujuh gol tercipta.

Inggris, Denmark, dan Slovenia, kompak hanya mencetak dua gol. Sementara, Serbia hanya mampu menceploskan sebiji gol dari tiga laga.

Baca Juga: 5 Negara Angkat Koper dari Euro 2024

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya