3 Fakta Menarik Usai Georgia Jungkalkan Portugal

Georgia lolos 16 besar setelah bungkam Portugal

Intinya Sih...

  • Georgia mengalahkan Portugal 2-0 dan lolos ke babak 16 besar Euro 2024
  • Mikautadze kembali mencetak gol, memimpin klasemen top scorer dengan tiga gol
  • Prestasi Georgia lolos fase gugur dalam debutnya di Euro, sementara Ronaldo pecahkan rekor caps terbanyak di turnamen besar

Jakarta, IDN Times - Georgia secara mengejutkan berhasil mempermalukan Portugal dengan skor 2-0 dalam laga pamungkas Grup F Euro 2024, Kamis (27/6/2024) dini hari WIB. Kemenangan itu sekaligus mengantarkan Georgia ke babak 16 besar lewat jalur peringkat tiga terbaik.

Georgia sukses menyengat Selecao das Quinas lewat gol kilat Khvicha Kvaratskhelia (2') dan eksekusi penalti Georges Mikautadze (57'). Sementara, Portugal ompong dan dibikin frustrasi oleh penampilan heroik kiper Giorgii Mamardashvili.

Hasil di Veltins Arena ini ternyata melahirkan sejumlah fakta menarik. Dilansir Squawka dan beberapa sumber lain, berikut IDN Times ulas untuk kamu.

1. Georges Mikautadze sempurna bareng Georgia

3 Fakta Menarik Usai Georgia Jungkalkan PortugalSelebrasi Georges Mikautadze usai jebol gawang Portugal, Kamis (27/6/2024) dini hari WIB. (uefa.com).

Keberhasilan Georgia lolos ke babak 16 besar tak lepas dari magis Mikautadze. Striker Olympique Lyonnais itu membuat serangan balik cepat tim berjuluk Jvarosnebi tersebut begitu mengerikan.

Mikautadze menjadi satu-satunya pemain yang mampu mencetak gol di seluruh pertandingan. Kini, Mikautadze memimpin klasemen top scorer dengan tiga gol.

Duel kontra Portugal menjadi penampilannya paling impresif bareng Georgia di Euro 2024. Dia menjadi pemain paling banyak memenangkan duel (delapan), mendapat pelanggaran (empat), melakukan sentuhan di dalam kotak penalti (empat), melepaskan tembakan (tiga), dan mencatat 100 persen akurasi umpan.

Baca Juga: Kejutan, Portugal Dipecundangi Georgia

2. Pertama kali lolos fase gugur di turnamen besar

3 Fakta Menarik Usai Georgia Jungkalkan PortugalPemain Timnas Georgia rayakan gol perdana mereka di Euro 2024. (instagram.com/nakrebi)

Kemenangan atas Portugal terasa begitu spesial buat Georgia. Sebab, untuk pertama kalinnya, Georgia mampu lolos fase gugur dalam turnamen besar yang diikutinya.

Kian membanggakan, karena prestasi tersebut dicapai Georgia dalam debutnya mengikuti pesta sepak bola antarnegara di Eropa.

3. Ronaldo bikin rekor di Euro 2024

3 Fakta Menarik Usai Georgia Jungkalkan Portugalselebrasi Cristiano Ronaldo saat Timnas Portugal bobol Turki di Euro 2024, Sabtu (22/6/2024), (uefa.com)

Sementara, Cristiano Ronaldo berhasil mengukir rekor baru meski gagal membantu Portugal menang. CR7 menasbihkan diri sebagai pemain Eropa dengan caps terbanyak di turnamen besar.

Ronaldo telah melakoni 28 laga bersama Portugal di Euro. Sementara, kapten Al Nassr itu sudah beraksi dalam 22 laga di Piala Dunia bareng Portugal.

Baca Juga: Georgia Lolos ke Fase Gugur, Dampingi Portugal dan Turki

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya