3 Fakta Austria, Kuda Hitam yang Bikin Sejarah di Euro 2024

Austria bikin jadi juara di Grup D

Intinya Sih...

  • Austria juara Grup D setelah mengalahkan Belanda 3-2 dan lolos ke babak 16 besar Euro 2024.
  • Sejarah baru tercipta karena Austria berhasil lolos ke fase gugur sebagai juara grup untuk pertama kalinya dalam sejarah turnamen.
  • Kemenangan atas Belanda membantu Austria mengukir sejarah lainnya dengan kemenangan back to back di turnamen besar setelah 42 tahun.

Jakarta, IDN Times - Austria berhasil mencuri perhatian dalam perjalanannya di Grup D Euro 2024. Berstatus kuda hitam, Austria justru mampu menyengat Prancis dan Belanda untuk ke babak 16 besar dengan status jawara grup.

Status juara grup disabet Austria usai membungkam Belanda dengan skor 3-2 di laga pamungkas, Selasa (25/6/2024) malam WIB. Kegagalan Prancis membungkam Polandia pada waktu yang bersamaan juga mempermulus laju Austria.

Ternyata, keberhasilan Austria ini melahirkan sejarah baru. Dilansir Squawka dan sumber lain, berikut IDN Times ulas untuk kamu.

1. Pertama kali jadi juara grup

3 Fakta Austria, Kuda Hitam yang Bikin Sejarah di Euro 2024Potret duel Belanda vs Austria di Euro 2024, Selasa (25/6/2024). (uefa.com).

Sepanjang sejarah turnamen, Austria baru berpartisipasi empat kali, yakni 2008, 2016, 2020, dan 2024. Bisa dibilang, edisi kali ini menjadi yang paling manis bagi tim berjuluk Burschen tersebut.

Itu karena Austria berhasil lolos ke fase gugur sebagai juara grup untuk pertama kalinya. Terasa membanggakan, mengingat Austria menguasai Grup D di tengah kepungan Prancis dan Belanda.

Baca Juga: Kuda Hitam Austria Kuasai Grup D Euro 2024

2. Pertama kali kalahkan Belanda sejak 1990

3 Fakta Austria, Kuda Hitam yang Bikin Sejarah di Euro 2024Potret Marcel Sabitzer saat menjebol gawang Belanda. (uefa.com).

Austria juga berhasil mengakhiri mimpi buruknya setiap bersua Belanda. Mengingat, mereka selalu dibikin bertekuk lutut dalam tujuh pertemuan terakhirnya dengan Belanda.

Kemenangan terakhir Austria atas Belanda didapat pada Mei 1990 lalu. Menariknya, dalam laga tersebut, Austria juga menang lewat drama lima gol, 3-2.

3. Menang back to back pertama kali

3 Fakta Austria, Kuda Hitam yang Bikin Sejarah di Euro 2024Timnas Austria memenangkan laga kontra Polandia di Euro 2024 (X.com/EURO2024)

Kemenangan atas Belanda juga membantu Austria mengukir sejarah lainnya. Untuk pertama kalinya sejak 42 tahun lalu, mereka mampu menang secara back to back di turnamen besar.

Sebelum Belanda, Polandia lebih dulu menjadi korban kegarangan Austria di Grup D. Austria bangkit setelah dibungkam Prancis 1-0, dengan menggilas Polandia dengan skor 3-1.

Baca Juga: Drama 5 Gol Kontra Belanda, Austria Lolos ke 16 Besar Euro 2024

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya