2 Pemain Naturalisasi Anyar Berpeluang Debut Bulan Depan

PSSI kebut proses naturalisasi Nathan dan Jay Idzes

Jakarta, IDN Times - PSSI tengah berupaya untuk mengebut proses naturalisasi calon pemain Timnas Indonesia, Nathan Tjoe-A-On dan Jay Idzes. Ketua Umum PSSI, Erick Thohir berharap mereka bisa melakoni debut bulan depan.

Namun, karena melibatkan sejumlah instansi, Erick sadar diri proses naturalisasi ini memakan waktu yang lama. Paling tidak, Nathan dan Idzes diharapkan tersedia dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Maret 2024 mendatang.

"Untuk Jay Idzes dan Nathan, sedang diusahakan untuk bisa bermain Maret tahun depan. Ya, kalau bisa November ini jauh lebih bagus," kata Erick saat ditemui di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis (26/10/2023).

1. Butuh skuad terbaik demi tembus Piala Dunia

2 Pemain Naturalisasi Anyar Berpeluang Debut Bulan DepanJay Idzes, calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia. (dok. IDN Times/Istimewa)

Erick berujar, Nathan dan Idzes sudah dinanti Shin Tae Yong untuk memuluskan petualangan Pasukan Garuda di Kualifikasi Piala Dunia 2026. Juru taktik asal Korea Selatan itu membutuhkan skuad terbaik, demi mentas di Piala Dunia.

"Kita memang harus mempersiapkan tim dengan maksimal. Kita punya potensi (buat lolos)," ujar Erick.

Baca Juga: Shin Tae Yong: Jangan Bedakan Pemain Lokal dan Naturalisasi

2. Bisa main di Piala Asia 2023?

2 Pemain Naturalisasi Anyar Berpeluang Debut Bulan DepanProfil Nathan Tjoe-A-On. (Instagram/@nathantjoeaon).

Sebelum tancap gas di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Erick sebenarnya berharap Nathan dan Idzes bisa membela tim Merah Putih di Piala Asia 2023 pada Januari hingga Februari 2024. Maka dari itu, Erick ingin proses naturalisasi dua pemain berdarah Indonesia-Belanda tersebut bisa rampung lebih cepat.

"Kita juga akan fokus bersama Kemenpora, sesuai dengan arahan Presiden untuk mempersiapkan tim senior di Qatar, Piala Asia yang sudah 17 tahun tidak pernah ikuti," kata Erick.

3. Doa Erick buat Jay Idzes

2 Pemain Naturalisasi Anyar Berpeluang Debut Bulan DepanJay Idzes, calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia. (dok. IDN Times/Istimewa)

Sembari menunggu proses tersebut, Erick juga mendoakan Idzes yang sempat divonis mengidap penyakit paru-paru.

"Yang namanya pemain bola, ada up and down. Tapi, kalau kita lihat dia bisa main di Serie B Italia, Venezia, itu kan bukan kaleng-kaleng," ujar Erick.

Baca Juga: Jay Idzes, Calon Naturalisasi Timnas Indonesia Selanjutnya

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya